school and education

The Global Entrepreneur University

  • Home
  • Berita
  • HOSPITAL TOUR RS COLUMBIA ASIA SEMARANG PRODI SARJANA & D3 KEPERAWATAN

HOSPITAL TOUR RS COLUMBIA ASIA SEMARANG PRODI SARJANA & D3 KEPERAWATAN

Surakarta19/02/2020, Mahasiswa Universitas Duta Bangsa Surakarta (UDB) Fakultas Ilmu Kesehatan Prodi S1 dan D3 Keperawatan melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Columbia Asia Semarang dalam rangka mengenalkan seluruh Mahasiswa Semester 1 tentang Rumah Sakit yang belum pernah mahasiswa ketahui sebelumnya. Kegiatan kunjungan ini mengenalkan mahasiswa tentang dunia kerja di bidang kesehatan khususnya di keperawatan. Hal ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama yang telah dilakukan oleh Universitas Duta Bangsa Surakarta dengan Rumah Sakit Columbia Asia Semarang yang telah terjalin dengan baik selama beberapa tahun ini. Kunjungan ini dilaksanakan selama 2 hari, dimulai pada tanggal 19 Februari 2020 s/d 20 Februari 2020 oleh Prodi Sarjana Keperawatan dilanjutkan Prodi D3 Keperawatan.

General Manager RS Columbia Asia Semarang, yang di wakili oleh Bapak Mateas Wiryawan  mengatakan, kunjungan mahasiswa pada awal perkuliahan seperti ini sangatlah diperlukan agar mahasiswa memiliki gambaran seputar pelayanan keperawatan dan menambah pengetahuan mahasiswa tentang dunia kerja. Beliau menambahkan rumah sakit tersebut merupakan satu di antara 27 rumah sakit yang beroperasi di empat negara, yakni Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan India. Semuanya memiliki coorporate official di Amerika Serikat.

RS Columbia memiliki kapasitas 119 tempat tidur, 21 klinik spesialis, 160 paramedis, dan 113 karyawan non-medis. Dia menjelaskan, RS Columbia Asia juga dilengkapi peralatan medis guna mempertajam diagnosis dokter. Di antaranya yaitu MRI 1,5 Tesla, MSCT 128 Slices, C-Arm, peralatan endoscopy, dan laparoscopy.

RS Columbia Asia merupakan rumah sakit umum yang memiliki dedikasi tinggi. Dia menyebutkan, rumah sakit tersebut memberikan layanan rawat jalan, 24 jam layanan rawat inap, UGD, kamar bedah, farmasi dan penunjang medis radiologi, laboratorium dan fisioterapi.

Dalam kegiatan tersebut mahasiswa dikenalkan tentang program-program yang dilakukan di Rumah Sakit Colombia Asia Semarang baik yang umum maupun yang spesialis. Mahasiswa dikenalkan tempat tepmpat seperti: Tempat pendaftaran, pempat anamnese pasien, Nursing Station, ER (Emergency Room), OPD (Out Patien Depertement), OT (Operating Theatres), Ambulatory Surgery, Ruang Dialisis,. NICU, ICU/ HDU, Patient Room. Peralatan modern (ECG Macine, Anggio grafi, Endoscopy, )

Mahasiswa juga mendapatkan semangat dan arahan dari tim pendamping Rumah Sakit yaitu: Ns. Sri Handayani, S.Kep (bagian Edukasi Rumah Sakit).,mengatakan mahasiswa mulai sekarang harus membesarkan niat jadi perawat dan membekali diri dengan 3 hal (Skill, Attitude dan knowledge) mulai dari sekarang, karena dengan 3 hal itu perawata bisa maju dan harus mampu mengikuti perkembangan jaman.  Seorang perawata tidak hanya pandai dalam hal knowledge saja misal nilai cumlaude, namun harus di imbangi dengan  skill yang mumpuni dan sikap (attitude) yang terpuji.Fasilitator yang ditunjuk RS ini untuk mendampingi mahasiswa yaitu Lusianne Primartha, Nur Indah Puspasari, A. Eko Nugroho Lilianto, dan Angga Dwi Bascoro Putro. Sedangkan pendamping mahasiswa dari institusi pendidikan antara lain : Ns. Ikrima Rahmasari, M.Kep (Ketua Program Studi Sarjana Keperawatan), Ns. Musta’in, M.Kes, Nining Dwi Wahyuningsih, Amd. Keb., SKM,  Dwi Lestari Mukti Palupi, SKM., M.Kes (Ketua Program Studi D3 Keperawatan), Mursudarinah, SKM.,M.Kes, dan Agus Sumadi, S.Mahasiswa Yuniana Yarawobi berasal dari Papua mengatakan sangat senang dan dia berharap setelah lulus nanti bisa bekerja di Rumah Sakit yang bertaraf International. Halder Da Silfa mahsiswa dari Timor Laste, dia juga merasa sangat senang karena mendapat ilmu dan pengamalan baru.