school and education

The Global Entrepreneur University

  • Home
  • Berita
  • UDB Cetak Pebisnis Muda di Bidang Teknologi Informasi

UDB Cetak Pebisnis Muda di Bidang Teknologi Informasi

Universitas Duta Bangsa (UDB) Surakarta memiliki visi menjadi Universitas unggul di bidang bisnis dan kewirausahaan di tingkat global tahun 2038.

Salah satu misi yang ditempuh adalah menyelenggarakan pendidikan berbasis kewirausahaan dan bisnis dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia yang mandiri, inovatif, visioner, beriman dan berorientasi global.

Dalam rilis yang diterima Koran Solo, Kamis 13 Agustus 2020, permasalahan UDB dalam mewujudkan visinya adalah pada penentuan model pelatihan dan pengembangan kewirausahaan yang tepat bagi mahasiswa agar bisa menghasilkan wirausahawan muda dan mandiri serta berkelanjutan. Banyak ide dan krativitas mahasiswa untuk membuka usaha tetapi mereka hanya berhenti pada bazar kewirausahaan. Setelah lulus mata kuliah kewirausahaan, mereka berhenti membuka usaha.

Permasalahan pada bidang pemasaran dan tempat usaha adalah belum ada fasilitas teaching factory dan jaringan pemasaran dengan dunia usaha dan dunia industri.

Tujuan dari Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) di Universitas Duta Bangsa adalah mengembangkan program kewirausahaan agar menghasilkan wirausahawan baru yang memiliki profit menciptakan lapangan kerja dan membantu pemerintah mengentaskan pengangguran dan kemiskinan.

Solusi dari permasalahan pada penentuan model pelatihan dan pengembangan kewirausahaan yang tepat, pada tahun pertama UDB melalui tim PPK yang terdiri atas Indra Hastuti, Indah Wahyu Utami dan Sopingi, memberikan pelatihan kepada mahasiswa dengan menerapkan model pengembangan pelatihan berbasis masalah bisnis yang kontektual serta mengaplikasikan usaha yang direncanakan secara nyata.

Model ini akan menjadi wujud community based education yang mampu mengubah pola pikir mahasiswa memiliki jiwa wirausaha.

Tim PPK UDB memberikan pelatihan startup usaha dan marketplace untuk pemasaran. Adapun usaha mahasiswa terdiri atas SP Komputer, Shift Com, DC Computer, Gamma Com, Catatan Imajinasi dan GMC Design & Vector.

“Dengan kegiatan ini diharapkan mahasiswa yang telah memiliki usaha dapat mengembangkan usaha dan berkelanjutan untuk mewujudkan Universitas Duta Bangsa The Global Entrepreneur University. Kami mengucapkan terima kasih kepada Kemenristek/BRIN yang mendanai kegiatan PPK Tahun 2020,” bunyi rilis tersebut.