school and education

The Global Entrepreneur University

  • Home
  • Berita
  • UDB Melaksanakan PKKMB Online Tahun Akademik 2020/2021

UDB Melaksanakan PKKMB Online Tahun Akademik 2020/2021

Universitas Duta Bangsa Surakarta merupakan penggabungan dari Akademi Perekam Medis Citra Medika Surakarta, Akademik Kebidanan Surakarta dan STMIK Duta Bangsa Surakarta pada tahun 2018. UDB bekerjasama dengan 12 perguruan tinggi di Asia Tenggara, China dan Inggris. UDB memiliki 4 dosen yang bergelar doktor dan sudah mengirimkan 15 dosen untuk tugas belajar S3 di luar negeri. Pada tahun akademik 2020/2021 jumlah mahasiwa baru sebanyak 952 mahasiswa. Pendaftaran di UDB masih dibuka dan saat ini sudah memasuki gelombang 3 sampai 30 Agustus 2020, untuk gelombang 4 dibuka sampai dengan tangaal 20 September 2020. Pendafatran mahasiswa baru dibuka untuk kelas regular dan kelas karyawan dengan fasilitas bebas tes Akademik dan potongan pembiayaan. Pendaftaran mahasiswa baru jalur beasiswa yang ditawarkan untuk mahasiswa baru adalah beasiswa unggulan, beasiswa untuk anak yatim dan beasiswa KIP-Kuliah.

Pembukaan PKKMB Tahun Akademik 2020/2021 Universtas Duta Bangsa Surakarta dilakukan secara daring online melalui tautan zoom meeting yang diikuti oleh Rektor, Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Dekan, Wakil Dekan, Kaprodi dan mahasiswa baru di lingkungan Universitas Duta Bangsa Surakarta yang diikuti seribu peserta. Bapak Drs. Singgih Purnomo, MM selaku Rektor Universitas Duta Bangsa Surakarta menyampaikan bahwa Visi UDB yaitu menjadi Universitas unggul di bidang  Bisnis dan Kewirausahaan di tingkat Global tahun 2038, visi ini mempunyai tagline The Global Entrepreneur University. Lulusan UDB lebih siap menjadi entrepreneur yang menjawab tantangan di revolusi industri 4.0. UDB juga mempunyai Teaching Factory untuk mengimplementasikan skill mahasiswa dalam pembelajaran. Pada tahun ini UDB menerima hibah sejumlah 1 milyar dari Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk menunjang pembelajaran mahasiswa agar mendapatkan kompetensi sesuai bidang ilmu di program studi masing-masing.

Sementara itu, Bapak Tominanto, S.Kom., M.Cs selaku Wakil Rektor I Universitas Duta Bangsa Surakarta menyampaikan materi tentang sistem pendidikan tinggi. Pendidikan tinggi mempunyai 3 pilar tridharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Proses pendidikan dilaksanakan pada waktu proses pengajaran, sedangkan penelitian mahasiswa melakukan magang, menyusun laporan skripsi, membuat penelitian/research di PKM, praktik industri dll, pengabdian masyarakat mahasiswa bisa bergabung dan mengikuti organisasi kemahasiswaan, bakti sosial, donor darah, penerapan teknologi ke masyarakat, dll.

Tahun akademik 2020/2021 UDB menerapkan kurikulum Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM), mahasiswa diberi kesempatan kuliah diluar program studi selama 9 bulan, 3 bulan mahasiswa wajib mengikuti KKN tematik d desa binaan, 6 bulan kegiatan magang kerja/entrepreneur/penelitian. Implementasi kurikulum MBKM ini dalam rangka menyiapkan lulusan untuk lebih adaptif dan kompetitif di era revolusi industru 4.0.

PKKMB ini dilakukan 2 hari ditingkat Universitas dan 6 hari ditingkat Fakultas. Ditingkat Universitas, pada hari pertama merupakan pembukaan dan penyampaian materi tentang sejarah UDB oleh Rektor Bapak Drs. Singgih Purnomo dan penyampaian materi tentang pendidikan tinggi oleh Wakil Rektor I Bapak Tominanto, S.Kom., M.Cs. Pada hari kedua dilaksanakan kuliah umum dengan narasumber Prof. Dr. Ir. Marsudi W. Kisworo. Kemudian dilanjutkan PKKMB sesuai bidang ilmu di Fakultas masing-masing. Salam Moving dari UDB.