school and education

The Global Entrepreneur University

  • Home
  • Berita
  • Pendidikan dan Pelatihan DIKLAT Ekosistem Akademik dan Non Akademik Bagi Dosen Baru

Pendidikan dan Pelatihan DIKLAT Ekosistem Akademik dan Non Akademik Bagi Dosen Baru

Program pelatihan dosen profesional merupakan program pelatihan yang membekali peserta diklat dengan kemampuan akademik dan non akademik untuk menjadi dosen yang profesional dalam menjalankan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi, pengembangan karir dan  institusi.

Pelatihan dosen ekosistem secara akademik, dibagi menjadi 3 (tiga) bidang yakni bidang pembelajaran, bidang penelitian, dan bidang inovasi untuk masyarakat. Pertama, bidang pembelajaran mempersiapkan peserta pelatihan menjadi dosen profesional dalam melaksanakan pembelajaran. Dosen diharapkan mampu merancang program pembelajaran (menyusun RPKPS dan kurikulum), melaksanakan program pembelajaran, dan menilai hasil belajar. Kedua, bidang penelitian mempersiapkan peserta pelatihan untuk meningkatkan kompetensi sebagai peneliti yang meliputi pemahaman tentang kecenderungan isu dan kebijakan penelitian, rancangan penelitian, etika publikasi, merancang karya ilmiah, dan publikasi karya ilmiah. Ketiga, bidang inovasi.

Pelatihan dosen ekosistem secara non akademik, dibagi menjadi 4 bagian yaitu (1) bidang peningkatan karier dosen, yang melipuiti kebijakan jabatan fungsional dan sertifikasi dosen profesional, (2) bidang teknologi informasi, yang membahas mengenai sistem informasi yang digunakan oleh Universitas Duta Bangsa dalam meningkatkan layanan dan kinerja seperti aplikasi SISTER, Sigle Sign On, Sistem Informasi Dosen, e-Learning UDB, dll. Pemanfaatan e-Learning adalah salah satu solusi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di perguruan tinggi.  (3) Tata Aturan Kepegawaian Yayasan Kusuma Bangsa Adi Prakarsa, untuk mengenalkan hak dan kewajiban dosen tetap. (4) Tata Aturan pembuatan TOR dan pencairan dana kegiatan Yayasan Kusuma Bangsa Adi Prakarsa.

Selain pengenalan ekosistem akademik dan non akademik, kegiatan ini juga melakukan 2 jenis ujian non akademik berupa: (1) baca AlQuran dan hafalan 15 Surat Pendek, (2) ujian bahasa inggris TOIEC.

Tujuan Program pelatihan dosen profesional adalah:

  1. Mewujudkan para dosen yang mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program pembelajaran; mampu melakukan penelitian dan publikasi karya ilmiah; dan melakukan pengabdian yang inovatif bagi masyarakat.
  2. Mewujudkan para dosen yang mampu menaati aturan Kepegawaian yang berlaku di Universitas Duta Bangsa Surakarta
  3. Mewujudkan para dosen yang mampu dan menyadari pentingnya kenaikan jabatan dan serdos bagi diri sendiri dan institusi

Peserta dalam program pelatihan tersebut adalah para dosen baru yang berada di Universitas Duta Bangsa.