530 Wisudawan UDB Surakarta Siap Berkontribusi untuk Masyarakat!

  • Kategori: Berita Universitas
  • Tanggal: 20 Oktober 2024
Universitas Duta Bangsa (UDB) Surakarta berhasil meluluskan 530 wisudawan dalam Wisuda ke-31 Tahun Akademik 2023/2024 yang digelar di Hotel Grand Mercure Solo Baru, Sukoharjo, pada Sabtu, 19 Oktober 2024. Dalam kurun waktu enam tahun sejak didirikan, UDB Surakarta telah berkembang menjadi universitas unggulan yang mendapat kepercayaan masyarakat luas. Para wisudawan tersebut terdiri dari 335 lulusan Fakultas Ilmu Komputer, 157 lulusan Fakultas Hukum dan Bisnis, serta 38 lulusan Fakultas Sains dan Teknologi. Wisuda ini adalah wujud tanggung jawab UDB dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.


Rektor UDB Surakarta, Assoc. Prof. Dr. Singgih Purnomo, M.M, menyatakan bahwa UDB Surakarta semakin yakin dalam bersaing dengan perguruan tinggi lain di Surakarta maupun di Jawa Tengah. Peningkatan peringkat UDB Surakarta menunjukkan hal tersebut. “Di Surakarta, UDB kini menduduki posisi kedua sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) unggulan. Sedangkan di tingkat Jawa Tengah, UDB berhasil meraih peringkat kedelapan, masuk dalam 10 besar perguruan tinggi berakreditasi unggul,” ujarnya. UDB Surakarta terus berkomitmen meningkatkan kualitas pendidikan melalui program-program pengembangan dan penjaminan mutu internal, seperti penambahan jumlah program studi (prodi) menjadi 20, penyediaan layanan mahasiswa secara online, serta penguatan kerjasama dengan industri.

 
UDB Surakarta terus memperluas fasilitas kampus dengan menambah ruang kelas, laboratorium, dan perpustakaan. "Kami menargetkan agar seluruh program studi dapat meraih akreditasi unggul pada tahun depan, dan pencapaian ini harus kita wujudkan bersama," kata beliau. Dalam mendukung penerapan kurikulum merdeka, UDB Surakarta telah melaksanakan sejumlah program, seperti pertukaran mahasiswa, Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di desa binaan, magang di industri, magang wirausaha, serta magang penelitian. UDB Surakarta juga aktif menerima mahasiswa internasional, mengirimkan mahasiswa ke luar negeri untuk pertukaran, serta menghadirkan dosen tamu dari luar negeri. Di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, UDB Surakarta telah menghasilkan 33 penelitian internal dan 26 penelitian eksternal. Dalam hal publikasi ilmiah dosen, UDB Surakarta telah menerbitkan 168 jurnal nasional, 65 jurnal nasional terakreditasi, dan 86 publikasi internasional. Selain itu, UDB Surakarta juga berhasil meraih 89 sertifikat hak kekayaan intelektual (HAKI). Untuk mendukung pencapaian Tri Dharma perguruan tinggi, UDB Surakarta didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten di bidangnya, dengan 166 dosen dan 83 tenaga kependidikan. "Saya ucapkan selamat kepada para wisudawan. Kalian adalah generasi penerus yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan di dunia kerja dan diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan bangsa," ungkap Rektor UDB Surakarta.


Ketua Yayasan Kusuma Bangsa Adi Prakarsa, Ir. Hj. Suci Purwandari, M.M., P.hD, menyampaikan bahwa UDB Surakarta memiliki motto untuk menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0, yaitu Moving, yang merupakan akronim dari mandiri, inovatif, visioner, beriman, dan global. Peningkatan mutu penyelenggaraan akademik akan terus dilakukan secara berkesinambungan agar UDB Surakarta dapat bersaing dengan perguruan tinggi lainnya. "Atas nama yayasan, kami menyampaikan terima kasih kepada para dosen dan mitra strategis yang telah mendukung sehingga UDB Surakarta dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan tinggi," ujarnya.



Berita Lain