school and education

The Global Entrepreneur University

Upacara Penyerahan SK Jabatan Fungsional Dosen (Asisten Ahli & Lektor) Universitas Duta Bangsa Surakarta Tahun 2020

 

Sabtu 12, September 2020 bertempat di Aula 2 Fakultas Ilmu Komputer Universitas Duta Bangsa. Rektor menyerahkan 45 SK Jabatan Fungsional Dosen kepada para Dosen di Lingkungan Universitas Duta Bangsa Surakarta. Kenaikan Jabatan pada Tahun Akademik meningkat melebihi target yang telah ditentukan. Sebanyak 21 dosen menerima SK Jabatan Fungsional Asisten Ahli, dan 25 dosen menerima SK kenaikan Jabatan fungsional dari AA Ke Lektor.

  

Selain penyerahan SK Jabatan Fungsional, Rektor Universitas Duta Bangsa Surakarta berpesan agar para dosen kedepannya meningkatkan kinerja Tri Dharmanya untuk mengikuti kenaikan jabatan berikutnya. Beliau juga berpesan selain Tri Dharma perguruan tinggi, para dosen diharapkan untuk selalu berpartisipasi dalam kegiatan pengembangan kampus baik dari level program studi, fakultas, dan Universitas. Selanjutnya Rektor juga memberikan semangat agar para dosen segera menempuh jenjang pendidikan S3.

Universitas Duta Bangsa menggelah Kuliah Umum Online dengan tema " Pentingnya Pembelajaran Daring Sebagai Pembelajaran Masa"

Kuliah Umum Online merupakan serangkaian acara PKKMB yang dilakukan oleh Universitas Duta Bangsa Surakarta secara online dengan menghadirkan narasumber Prof.Dr.ir.Marsudi Wahyu Kisworo, IPU. Acara ini dibuka oleh Rektor UDB Surakarta, yaitu Bapak Singgih Purnomo, MM dan beliau berpesan dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dapat mengoptimalkan pembelajaran daring di UDB, mengingat UDB sudah melaksanakan pembelajaran daring selama 1 semester akibat dari pendemi covid19. Tema yang disampaikan pada kuliah umum ini adalah pentingnya pembelajaran daring sebagai pembelajaran di masa depan, dengan peserta sekitar seribu terdiri dari Rektor, Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Dekan, Wakil Dekan, Ketua Program Studi dan mahasiswa baru.
Pada era revolusi industri 4.0. menuntut perguruan tinggi untuk mengembangkan teknologi informasi dalam proses pembelajaran. Penerapan pembelajaran daring harus diiringi dengan jaringan yang optimal. Jaringan 5G akan diterapkan di Indonesia padatahun 2021, karena bencana pandemi ini peluncuran jaringan tersebut mundur 1 tahun dari rencana awal akan diluncurkan di tahun ini.Jarigan 5G ini sangat efisien dari segi konsumsi penggunaan battery, bandwidth lebih besar dan jangkauan lebih luas serta kecepatan jaringan 5G 100x lebih cepat dari 4G. Dengan penerapan jaringan 5G dapat menunjang proses pembelajaran daring seara optimal.
Pekerjaan yang sudah digantikan oleh mesin, seperti akunting, operasi oleh dokter sudah digantikan oleh robot. Alat komunikasi yang bisa menterjemahkan bahasa 1 dengan bahasa yang lain melalui suara/audio, jadi tidak melalui text lagi. Masih perlu apa tidak belajar bahasa, banyak pakar yang mengatakan tidak perlu karena alat translater digital bisa dibeli di banyak toko online. Suatu saat dimasa depan pasti akan ada penelitian tentang penanaman chip di telinga manusia.

Internet of Things (IoT) misal jam tangan yang bisa menerapkan teknologi smart home. Dengan adanya IoT ini pekerjaan-pekerjaan tenaga rendah bisa diganti oleh robot. Researh Tesla dan Google mengembangkan “computer beroda” yaitu mobil tanpa sopir. Teknologi ini menurunkan angka kematian dan cedera hampir 94% mobil listrik komponennya hanya 200an, sementara mobil BBM sekitar 2000an. Pasar asuransi kecelakaan mobil hanya sedikit tinggal 25% saja dan dengan adanya rem cerda sotonom mengurangi kecelakaan sebesar 25%-45%.
Smart Campus merupakan trasformasi dari Teacher centered to student centered learning. Di era revousi industry 4.0. diperguruan tinggi menuntut penggunaan e-learning dimana pembelajaran yang memanfaatkan teknologi elektronik dalam proses pembelajaran. E-learning menuntut mahasiswa berjiwa interaktif dan mandiri, sehingga mahasiswa bisa merupakan model pemelajaran baru dengan melatih ketrampilan yang baru. Tetapi e-learning memiliki kelemahan yaitu mahal karena harus menggunakan perangkat dan jaringan yang memadai. Aplikasi yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran online antara lain virtual classroom atau online streaming.

UDB Melaksanakan PKKMB Online Tahun Akademik 2020/2021

Universitas Duta Bangsa Surakarta merupakan penggabungan dari Akademi Perekam Medis Citra Medika Surakarta, Akademik Kebidanan Surakarta dan STMIK Duta Bangsa Surakarta pada tahun 2018. UDB bekerjasama dengan 12 perguruan tinggi di Asia Tenggara, China dan Inggris. UDB memiliki 4 dosen yang bergelar doktor dan sudah mengirimkan 15 dosen untuk tugas belajar S3 di luar negeri. Pada tahun akademik 2020/2021 jumlah mahasiwa baru sebanyak 952 mahasiswa. Pendaftaran di UDB masih dibuka dan saat ini sudah memasuki gelombang 3 sampai 30 Agustus 2020, untuk gelombang 4 dibuka sampai dengan tangaal 20 September 2020. Pendafatran mahasiswa baru dibuka untuk kelas regular dan kelas karyawan dengan fasilitas bebas tes Akademik dan potongan pembiayaan. Pendaftaran mahasiswa baru jalur beasiswa yang ditawarkan untuk mahasiswa baru adalah beasiswa unggulan, beasiswa untuk anak yatim dan beasiswa KIP-Kuliah.

Pembukaan PKKMB Tahun Akademik 2020/2021 Universtas Duta Bangsa Surakarta dilakukan secara daring online melalui tautan zoom meeting yang diikuti oleh Rektor, Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Dekan, Wakil Dekan, Kaprodi dan mahasiswa baru di lingkungan Universitas Duta Bangsa Surakarta yang diikuti seribu peserta. Bapak Drs. Singgih Purnomo, MM selaku Rektor Universitas Duta Bangsa Surakarta menyampaikan bahwa Visi UDB yaitu menjadi Universitas unggul di bidang  Bisnis dan Kewirausahaan di tingkat Global tahun 2038, visi ini mempunyai tagline The Global Entrepreneur University. Lulusan UDB lebih siap menjadi entrepreneur yang menjawab tantangan di revolusi industri 4.0. UDB juga mempunyai Teaching Factory untuk mengimplementasikan skill mahasiswa dalam pembelajaran. Pada tahun ini UDB menerima hibah sejumlah 1 milyar dari Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk menunjang pembelajaran mahasiswa agar mendapatkan kompetensi sesuai bidang ilmu di program studi masing-masing.

Sementara itu, Bapak Tominanto, S.Kom., M.Cs selaku Wakil Rektor I Universitas Duta Bangsa Surakarta menyampaikan materi tentang sistem pendidikan tinggi. Pendidikan tinggi mempunyai 3 pilar tridharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Proses pendidikan dilaksanakan pada waktu proses pengajaran, sedangkan penelitian mahasiswa melakukan magang, menyusun laporan skripsi, membuat penelitian/research di PKM, praktik industri dll, pengabdian masyarakat mahasiswa bisa bergabung dan mengikuti organisasi kemahasiswaan, bakti sosial, donor darah, penerapan teknologi ke masyarakat, dll.

Tahun akademik 2020/2021 UDB menerapkan kurikulum Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM), mahasiswa diberi kesempatan kuliah diluar program studi selama 9 bulan, 3 bulan mahasiswa wajib mengikuti KKN tematik d desa binaan, 6 bulan kegiatan magang kerja/entrepreneur/penelitian. Implementasi kurikulum MBKM ini dalam rangka menyiapkan lulusan untuk lebih adaptif dan kompetitif di era revolusi industru 4.0.

PKKMB ini dilakukan 2 hari ditingkat Universitas dan 6 hari ditingkat Fakultas. Ditingkat Universitas, pada hari pertama merupakan pembukaan dan penyampaian materi tentang sejarah UDB oleh Rektor Bapak Drs. Singgih Purnomo dan penyampaian materi tentang pendidikan tinggi oleh Wakil Rektor I Bapak Tominanto, S.Kom., M.Cs. Pada hari kedua dilaksanakan kuliah umum dengan narasumber Prof. Dr. Ir. Marsudi W. Kisworo. Kemudian dilanjutkan PKKMB sesuai bidang ilmu di Fakultas masing-masing. Salam Moving dari UDB.

 

Mahasiswa Universitas Duta Bangsa Lolos PILMAPRES Tahun 2020

Mahasiswa merupakan salah satu Sumber daya manusia yang unggul serta memiliki keseimbangan antara kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual hal tersebut tentu dibutuhkan untuk membangun kesejahteraan negeri ini. Oleh karena itu, berbagai ajang digelar untuk mencari bibit-bibit mahasiswa berprestasi. 

Salah satunya ialah Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres). Pilmapres yaitu pemilihan mahasiswa yang berhasil mencapai prestasi tinggi, baik kurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakulikuler sesuai dengan kriteria yang ditentukan serta wadah bagi mahasiswa untuk menelurkan pemikirannya demi kemajuan Indonesia.

Kegiatan ini terdiri dari 2 (dua) jenis pemilihan yaitu untuk program diploma dan sarjana, hal tersebut tentu bukanlah jalan yang mudah. karena, para peserta harus melalui beberapa seleksi hingga sampai pada Pilmapres Tahap Nasional (Pilmapresnas). Penyelenggaraan Pilmapres 2020 di Universitas Duta Bangsa Surakarta (UDB) telah meloloskan dua pemenang pada tahap universitas. Yakni Arum Gayatri untuk jenjang Diploma dari Fakultas Ilmu Kesehatan angkatan 2017 dan Sukma Rahmawati untuk jenjang sarjana dari Fakultas Ilmu Komputer angkatan 2018.

Dengan Mengusung tema statisik Kesehatan dan sistem informasi untuk meminimalisir penyebaran covid 19 membawanya menjuarai Pilmapres untuk diploma dan sarjana. Dikatakan Arum dan Sukma, bahwasanya hal ini telah sesuai dengan bidangnya (kesehatan dan komputer).

Jalan Arum dan sukma tentulah masih panjang. Setelah lolos pada tahap universitas, ia harus mengikuti seleksi pada tingkat regional untuk jenjang sarjana dan tingkat nasional untuk jenjang Diploma. Jika ia lolos passing grade nasional, maka dirinya akan diundang pada tahap nasional untuk selanjutnya mengikuti Pilmapresnas.

Arum dan sukma ingin terus maksimal dalam mengikuti proses seleksi ke depannya. Ia optimis akan lolos ke tingkat nasional dan membawa nama UDB di kancah Pilmapresnas tahun 2020. Ia juga berpesan kepada calon mahasiswa prestasi (Mapres) UDB  yang akan berkompetisi PILMAPRES tahun depan agar mempersiapkan diri sedini mungkin.

“Arum dan Sukma mempersiapan PILMAPRES ini tidak sehari dua hari akan tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama apalagi dengan kejadian pandemik covid 19 ini tidak menjadikan masalah, mereka jadi lebih fokus untuk mengerjakannya dirumah dengan semaksimal mungkin. Pesan mereka untuk generasi berikutnya kepada mahasiswa UDB, manfaatkan waktu dengan semaksimal mungkin.

Pendidikan dan Pelatihan DIKLAT Ekosistem Akademik dan Non Akademik Bagi Dosen Baru

Program pelatihan dosen profesional merupakan program pelatihan yang membekali peserta diklat dengan kemampuan akademik dan non akademik untuk menjadi dosen yang profesional dalam menjalankan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi, pengembangan karir dan  institusi.

Pelatihan dosen ekosistem secara akademik, dibagi menjadi 3 (tiga) bidang yakni bidang pembelajaran, bidang penelitian, dan bidang inovasi untuk masyarakat. Pertama, bidang pembelajaran mempersiapkan peserta pelatihan menjadi dosen profesional dalam melaksanakan pembelajaran. Dosen diharapkan mampu merancang program pembelajaran (menyusun RPKPS dan kurikulum), melaksanakan program pembelajaran, dan menilai hasil belajar. Kedua, bidang penelitian mempersiapkan peserta pelatihan untuk meningkatkan kompetensi sebagai peneliti yang meliputi pemahaman tentang kecenderungan isu dan kebijakan penelitian, rancangan penelitian, etika publikasi, merancang karya ilmiah, dan publikasi karya ilmiah. Ketiga, bidang inovasi.

Pelatihan dosen ekosistem secara non akademik, dibagi menjadi 4 bagian yaitu (1) bidang peningkatan karier dosen, yang melipuiti kebijakan jabatan fungsional dan sertifikasi dosen profesional, (2) bidang teknologi informasi, yang membahas mengenai sistem informasi yang digunakan oleh Universitas Duta Bangsa dalam meningkatkan layanan dan kinerja seperti aplikasi SISTER, Sigle Sign On, Sistem Informasi Dosen, e-Learning UDB, dll. Pemanfaatan e-Learning adalah salah satu solusi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di perguruan tinggi.  (3) Tata Aturan Kepegawaian Yayasan Kusuma Bangsa Adi Prakarsa, untuk mengenalkan hak dan kewajiban dosen tetap. (4) Tata Aturan pembuatan TOR dan pencairan dana kegiatan Yayasan Kusuma Bangsa Adi Prakarsa.

Selain pengenalan ekosistem akademik dan non akademik, kegiatan ini juga melakukan 2 jenis ujian non akademik berupa: (1) baca AlQuran dan hafalan 15 Surat Pendek, (2) ujian bahasa inggris TOIEC.

Tujuan Program pelatihan dosen profesional adalah:

  1. Mewujudkan para dosen yang mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program pembelajaran; mampu melakukan penelitian dan publikasi karya ilmiah; dan melakukan pengabdian yang inovatif bagi masyarakat.
  2. Mewujudkan para dosen yang mampu menaati aturan Kepegawaian yang berlaku di Universitas Duta Bangsa Surakarta
  3. Mewujudkan para dosen yang mampu dan menyadari pentingnya kenaikan jabatan dan serdos bagi diri sendiri dan institusi

Peserta dalam program pelatihan tersebut adalah para dosen baru yang berada di Universitas Duta Bangsa.

UDB Cetak Pebisnis Muda di Bidang Teknologi Informasi

Universitas Duta Bangsa (UDB) Surakarta memiliki visi menjadi Universitas unggul di bidang bisnis dan kewirausahaan di tingkat global tahun 2038.

Salah satu misi yang ditempuh adalah menyelenggarakan pendidikan berbasis kewirausahaan dan bisnis dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia yang mandiri, inovatif, visioner, beriman dan berorientasi global.

Dalam rilis yang diterima Koran Solo, Kamis 13 Agustus 2020, permasalahan UDB dalam mewujudkan visinya adalah pada penentuan model pelatihan dan pengembangan kewirausahaan yang tepat bagi mahasiswa agar bisa menghasilkan wirausahawan muda dan mandiri serta berkelanjutan. Banyak ide dan krativitas mahasiswa untuk membuka usaha tetapi mereka hanya berhenti pada bazar kewirausahaan. Setelah lulus mata kuliah kewirausahaan, mereka berhenti membuka usaha.

Permasalahan pada bidang pemasaran dan tempat usaha adalah belum ada fasilitas teaching factory dan jaringan pemasaran dengan dunia usaha dan dunia industri.

Tujuan dari Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) di Universitas Duta Bangsa adalah mengembangkan program kewirausahaan agar menghasilkan wirausahawan baru yang memiliki profit menciptakan lapangan kerja dan membantu pemerintah mengentaskan pengangguran dan kemiskinan.

Solusi dari permasalahan pada penentuan model pelatihan dan pengembangan kewirausahaan yang tepat, pada tahun pertama UDB melalui tim PPK yang terdiri atas Indra Hastuti, Indah Wahyu Utami dan Sopingi, memberikan pelatihan kepada mahasiswa dengan menerapkan model pengembangan pelatihan berbasis masalah bisnis yang kontektual serta mengaplikasikan usaha yang direncanakan secara nyata.

Model ini akan menjadi wujud community based education yang mampu mengubah pola pikir mahasiswa memiliki jiwa wirausaha.

Tim PPK UDB memberikan pelatihan startup usaha dan marketplace untuk pemasaran. Adapun usaha mahasiswa terdiri atas SP Komputer, Shift Com, DC Computer, Gamma Com, Catatan Imajinasi dan GMC Design & Vector.

“Dengan kegiatan ini diharapkan mahasiswa yang telah memiliki usaha dapat mengembangkan usaha dan berkelanjutan untuk mewujudkan Universitas Duta Bangsa The Global Entrepreneur University. Kami mengucapkan terima kasih kepada Kemenristek/BRIN yang mendanai kegiatan PPK Tahun 2020,” bunyi rilis tersebut.