PKM Dosen UDB Pelatihan Pengisian SPT Tahunan Atlet Asean Paragames 2019

  • Kategori: Berita Universitas
  • Tanggal: 08 Maret 2020

Ditjen Pajak menegaskan hadiah atau bonus yang diberikan pemerintah kepada para atlet peraih medali tetap menjadi objek pajak. Meskipun pajak bonus ditanggung Pemerintah dan hadiah yang diterima seperti tercantum dalam Pasal 4 Perdirektur-Jenderal merupakan objek PPh yang wajib dilaporkan dalam Surat Pemberitahuan Pajak (SPT) Tahunan WP yang bersangkutan. Artinya, Atlet wajib melaporkannya dalam SPT. Berdasarkan surat edaran Menteri PAN-RB nomor 8 Tahun 2015 yang berisi tentang kewajiban penyampaian surat pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan WP Orang Pribadi melalui e-Filing, maka Team Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Universitas Duta Bangsa Surakarta yang diketuai oleh Antin Okfitasari, SE., M.Si, AK,CA,BKP dan 2 orang anggotanya yaitu Ety Meikhati, SE., M.Si dan Istiyawati Rahayu, SE.,MM, memberikan pelatihan pengisian SPT (Surat Pemberitahuan Pajak) Tahunan Orang Pribadi atas Atlet Paralimpic di National Paralympic Commite (NPC) Indonesia.

Acara pelatihan tersebut dimoderatori oleh Istiyawati Rahayu, SE., MM, dan dibuka oleh Sekjen NPC Indonesia, Ukun Rukaendi dan Wakil Sekjen NPC Indonesia, Rima Ferdianto, ST. Sesi pertama pelatihan ini menjelaskan tentang e-Filing yang dipaparkan oleh Ety Meikhati, SE., M.Si. Pada sesi kedua pelatihan yang dibawakan oleh Antin Okfitasari, SE., M.Si, AK,CA.,BKP, berisi panduan dan penjelasan bagaimana cara menghitung Pajak Penghasilan mereka dan memasukannya ke dalam SPT yang kemudian akan dilaporkan melalui e-Filing.

Pelatihan dibagi menjadi beberapa tahap, dengan total sekitar 260 peserta. Tahap pertama dilaksanakan pada 07 Maret 2020 bertempat di Kampung Ikan Lorin Hotel Surakarta, dan dihadiri 75 peserta yang terdiri dari Manager, Pelatih dan atlet Asean Paragames 2019. Sedangkan tahap selanjutnya dilaksanakan di Sahid Jaya Hotel Surakarta. Pelatihan diikuti oleh peserta dengan semangat dan antusias, karena mereka sadar dan juga berkeinginan keras untuk menjadi WP Orang Pribadi yang patuh.



Berita Lain