Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa Gelar Competition Capture The Flag (CTF)

  • Kategori: Berita Universitas
  • Tanggal: 13 Maret 2017

DBSecurity Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa Surakarta menyelenggarakan Competition Capture The Flag (CTF),Minggu 12 Maret 2017.

CTF merupakan sebuah Hacking Competition dimana para pesertanya bebas melakukan explorasi maupun exploitasi terhadap suatu jaringan yang sudah disediakan oleh panitia dengan tujuan yang ditentukan sebelumnya. Competition Capture The Flag (CTF) diselenggarakan dalam rangka hari ulang tahun atau Dies Natalis Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa yang ke 13. Kompetisi tersebut diikuti peserta SMA atau SMK diseluruh Indonesia dengan jumlah 270 Peserta.
Pada era yang globalisasi/modern saat ini kejahatan di dunia maya meningkat derastis dari tahun ke tahun diakibatkan karena semua aktivitas sudah berbasis teknologi atau aplikasi. Karena banyaknya teknologi aplikasi yang tidak dilakukan penetration testing akibatnya banyak yang terdapat celah keamanan,hal ini terjadi pada hampir di semua aplikasi,perusahaan maupun pemerintahan sendiri. Celah tersebutlah yang dimanfaatkan oleh sekelompok peretas(hacker) untuk kepentingan tertentu dirinya sendiri atau kelompok.
Dengan adanya ancaman para peretas(hacker) tersebut diatas maka perlu adanya tindakan sejak dini pada generasi muda agar bisa terdidik dengan baik guna mempersiapkan SDM Cyber untuk mendukung pemerintah agar mampu menjaga seluruh infrastruktur berbasis teknologinya guna kepentingan bangsa dan negara. Dan hasil dari Competition Capture The Flag (CTF) bisa di lihat di ScoreBoad



Berita Lain