Cooking Class Bagi Mahasiswa Kelas Model Kewirausahaan Universitas Duta Bangsa

  • Kategori: Berita Universitas
  • Tanggal: 10 April 2019

Pelatihan Kelas Model (Inkubator) Kewirausahaan di Universitas Duta Bangsa Surakarta yang diikuti sejumlah mahasiswa wirausaha dari Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Ilmu Kesehatan yang telah lolos seleksi tim kewirausahaan. Selaku Tim Kewirausahan  di Universitas Duta Bangsa Surakarta, Ibu Indah Wahyu Utami, M.Si., dan Ibu Indra Hastuti, S.E.,M.Si secara rutin mendampingi, membimbing, dan melakukan penjadwalan kegiatan rutin bagi anggota kelas model kewirausahaan. Jadwal minggu kelima kegiatan kelas model adalah Cooking Class kerjasama dengan Prodi D-2 Perhotelan Politeknik Indonusa Surakarta.
Cooking Class ini diikuti oleh mahasiswa kelas model Kewirausahaan, dimana mahasiswa kelas model kewirausahaan dibagi menjadi empat kelompok, yang masing-masing terdiri empat mahasiswa. Kegiatan Cooking Class, diadakan Sabtu, 30 Maret 2019, di Lab Kitchen Prodi Perhotelan Politeknik Indonusa. Kegiatan Cooking Class bertujuan memberikan kesempatan bagi mahasiswa kelas model belajar membuat komposisi bahan, alat, dan proses pembuatan kue basah dan kue kering. Sehingga, diharapkan mereka mendapat gambaran tentang rencana usaha Bakery maupun pengalaman menerapkan resep sesuai arahan Ibu Wahyu Trihastiningsih, selaku pemandu kegiatan Cooking Class.
Masing-masing kelompok mendapatkan satu resep Cake, ada yang cake basah (Sponge Cake Strawbery dan Tiger Role Cake), ada yang cake kering (Nastar dan Kastanyel). Mereka tampak bersemangat mengikuti kegiatan tersebut dengan baik dan tekun. Kegiatan Cooking Class didampingi beberapa Mahasiswa Prodi Perhotelan yang tergabung dalam Cooking Club Poltek Indonusa. Masing-masing kelompok saling bekerjasama, cekatan, dan berlomba untuk segera menyelesaikan Cake sesuai resep yang diberikan.
Kegiatan Cooking Class berlangsung selama dua jam. Di sesi akhir, masing-masing kelompok menyajikan Cake buatan mereka di piring saji. Mereka berusaha memberikan yang terbaik bagi kelompoknya. Penilaian akhir diberikan oleh Tim Kewirausahaan dan Tim Perhotelan Indonusa. Penilaian ini dimaksudkan sebagai bahan masukan dan motivasi bagi mereka. Bagaimana mampu menyajikan produk yang baik, berkualitas, dan rasa yang konstan. Sebagai penutup kegiatan, diadakan foto bersama.



Berita Lain