The Global Entrepreneur University
  1. home
  2. Program Studi
  3. D3 - Keperawatan

D3 - Keperawatan

Profil Program Studi Keperawatan

Dwi Lestari Mukti Palupi., M.Kes

Ketua Program Studi D3 - Keperawatan

Deskripsi Program Studi


Pembangunan kesehatan di Indonesia diselenggarakan dengan berdasarkan pada perikemanusiaan, pemberdayaan, kemandirian, adil dan merata serta diarahkan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang serta pengutamaan dan manfaat dengan perhatian khusus pada penduduk rentan, antara lain ibu, bayi, anak, lanjut usia (lansia) dan keluarga miskin sehingga derajat kesehatan masyarakat dapat meningkat dengan setinggi-tingginya.

Pelayanan kesehatan yang berkualitas adalah hak setiap manusia, karena kesehatan adalah Hak Asasi Manusia sebagaimana termaksud dalam Pancasila dan Undang-Undang Dasar Tahun 1945 Negara Republik Indonesia. tuntutan terhadap kualitas pelayanan yang diberikan semakin meningkat, baik di tatanan klinik maupun di komunitas. Mutu pelayanan kesehatan yang diberikan harus terjamin, tidak berisiko, dan dapat memberi kepuasan, termasuk pelayanan keperawatan.Untuk mewujudkan hal tersebut diselenggarakan upaya kesehatan yang terpadu dan menyeluruh, baik upaya kesehatan perorangan maupun upaya kesehatan masyarakat melalui pendekatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif secara berkesinambungan sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan.

Pelayanan keperawatan yang diberikan kepada masyarakat harus memenuhi standar mutu internasional, yang dapat menjamin keamanan dan kenyamanan klien beserta keluarganya.Perawat dituntut untuk tampil professional saat memberikan asuhan keperawatan serta mampu menjalin kerjasama dengan berbagai pihak agar pelayanan yang diberikan dilakukan secara komprehensif dan dapat memenuhi kebutuhan dasar, meliputi kebutuhan bio, psiko, sosio dan spiritual klien.

Perkembangan global kesehatan dan kebijakan global tentang kesehatan maupun non kesehatan sangat mempengaruhi pembangunan kesehatan nasional sehingga berpengaruh pula terhadap sumber daya manusia kesehatan di Indonesia, hal ini diperkuat dengan Peraturan Presiden RI No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), yang didalamnya mengatur sumber daya manusia dikelompokkan dalam beberapa level sesuai dengan bidang keahliannya. Menurut Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 Tentang Perguruan Tinggi, khususnya pasal 29 ayat 2, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Diperlukan kurikulum diploma III perawat sesuai dengan KKNI untuk menghasilkan perawat vokasi sesuai yang disyaratkan pemerintah dalam Permenristekdikti No.44 Tahun 2015 tentang SN-Dikti.

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya,dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi. Kurikulum diploma III Perawat harus memuat capaian pembelajaran mengacupada deskripsi level 5 (lima) Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia(KKNI) sesuai Perpres Nomor8 Tahun 2012 dan Permenristekdikti No.44 Tahun 2015 tentang SN-Dikti, yang terstruktur untuk tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi keilmuan program studi.

Tujuan


  • Menghasilkan lulusan DIII Keperawatan yang memiliki moral, etika, kepribadian dan akhlakul karimah serta menjadi suri tauladan yang baik bagi masyarakat.
  • Menghasilkan lulusan DIII Keperawatan dan bisnis yang berkualitas global dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa.
  • Menghasilkan penelitian dan pengabdian masyarakat yang inovatif dan bermanfaat bagi kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
  • Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan bangsa.

Visi


Menjadi Program Studi yang menghasilkan lulusan Ahli Madya Keperawatan yang berstandar Internasional dalam manajemen kewirausahaan, herbal, skin care berlandaskan profesionalisme dan berjiwa entrepeneur diera global pada tahun 2038

Misi


  • Menyelenggarakan pendidikan, pembelajaran dan bimbingan yang berstandar Internasional dalam bidang kewirausahaan, herbal, dan skin care berlandaskan profesionalisme dan berjiwa entrepeneur.
  • Melaksanakan kegiatan penelitian untuk menghasilkan publikasi dan karya inovatif dibidang kewirausahaan, herbal, skin care di tingkat Nasional maupun Internasional.
  • Melaksanakan pengabdian masyarakat untuk menghasilkan publikasi dan karya inovatif dibidang kewirausahaan, herbal, skin care di tingkat Nasional Internasional.
  • Memperluas kerjasama dengan pihak eksternal terkait untuk pengembangan program unggulan di bidang kewirausahaan, herbal, dan skin care berlandaskan profesionalisme dan berjiwa entrepeneur.