Universitas Duta Bangsa Surakarta Gelar Wisuda ke-30, Luluskan 465 Mahasiswa Ahli Madya dan Sarjana

  • Kategori: Berita Universitas
  • Tanggal: 14 Oktober 2024
Universitas Duta Bangsa (UDB) Surakarta meluluskan sebanyak 465 wisudawan pada acara wisuda ke-30 untuk Tahun Akademik 2023/2024 yang dilaksanakan di Hotel Grand Mercure Solo Baru, Sukoharjo, pada Sabtu, 12 Oktober 2024. Wisuda ini menjadi bentuk tanggung jawab dan kontribusi utama UDB Surakarta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Para lulusan terdiri dari 195 mahasiswa program Diploma Rekam Medik dan Informasi Kesehatan, 58 lulusan Diploma Keperawatan, 69 lulusan Sarjana Keperawatan, 19 lulusan Diploma Kebidanan, 104 lulusan Sarjana Farmasi, serta 20 lulusan Sarjana Administrasi Rumah Sakit. Rektor UDB Surakarta, Assoc. Prof. Dr. Singgih Purnomo, M.M, menyampaikan bahwa para wisudawan telah melalui berbagai proses akademik yang berat, seperti perkuliahan, tugas, ujian, magang, dan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT). Ia berharap jumlah lulusan terus bertambah dan semakin banyak yang berkontribusi kepada masyarakat. “UDB Surakarta kini memasuki tahun keenam sebagai universitas dan semakin percaya diri dalam bersaing di tingkat nasional,” ujarnya. Mengusung motto The Global Entrepreneur University, UDB Solo terus meningkatkan kualitas pendidikan melalui berbagai program pengembangan mutu.


Dengan akreditasi unggul, UDB Surakarta menjadi salah satu dari delapan universitas terbaik di Jawa Tengah yang memiliki akreditasi tersebut. Berbagai strategi telah dilakukan, termasuk pengembangan pelayanan mahasiswa berbasis online, sistem pembelajaran berbasis base learning, serta mendatangkan pakar dari dalam dan luar negeri. UDB Surakarta juga memperkuat fasilitas kampus, termasuk membangun teaching factory dan kampus modern sebagai pusat pelayanan universitas. Saat ini, UDB Surakarta sedang mengajukan pembukaan Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi serta program studi baru lainnya. Dalam pengembangan kemahasiswaan, berbagai prestasi telah diraih, khususnya di Fakultas Ilmu Kesehatan, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Di bidang kerja sama, UDB Surakarta telah bermitra dengan 281 lembaga dalam negeri dan beberapa lembaga luar negeri seperti Jepang, Taiwan, Arab Saudi, dan Korea Selatan, untuk praktik kerja lapangan, penelitian, hingga penempatan kerja.


Ketua Yayasan Kusuma Bangsa Adi Prakarsa, Suci Purwandari, menekankan pentingnya pengembangan akademik dan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten. Yayasan telah merekrut dosen baru dan mengirimkan 15 dosen untuk melanjutkan studi S3 di dalam maupun luar negeri, sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan di UDB Surakarta agar tetap kompetitif di kancah nasional. “Perguruan tinggi harus siap menghadapi tantangan baru dengan cepat beradaptasi. Saya berharap lulusan UDB Surakarta segera berkontribusi kepada masyarakat dan bangsa,” tutupnya.



Berita Lain