Workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa Surakarta

  • Kategori: Berita Universitas
  • Tanggal: 14 November 2017

Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa menyelenggarakan Workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di Aula 2 Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa Surakarta,Sabtu(11/11/2017)

Workshop diikuti sekitar 50 mahasiswa dari perwakilan masing-masing Prodi beserta Dosen Calon Pembimbing PKM. Pemateri dalam kegiatan ini antara lain Bapak Agus Suyatno, S.Pd., MM. (Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan), Ibu IndahWahyu Utami, ST., M.Si., dan Bapak M. Muhtarom, SE., M.Kom. Ketiga pemateri memberikan penjelasan tentang komponen PKM 2017, Prosedur Aturan PKM, dan Bimbingan Teknis singkat tentang pembuatan proposal PKM, pembagian kelompok PKM dan trik bagaimana lolos PKM. Ada lima jenis kegiatan yang ditawarkan dalam PKM yang dapat diikuti mahasiswa, yaitu PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Kewirausahaan (PKM-K),PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T) dan  PKM-Karya Cipta (PKM-KC).Para peserta mengikuti kegiatan dengan baik dan sangat antusias. 

Lulusan Perguruan Tinggi dituntut untuk memiliki academic knowledge, skill ofthinking, management skill, dan communication skill. Kreativitas merupakan penjelmaan integratif dari tiga faktor utama dalam diri manusia, yaitu: pikiran (kognitif), perasaan(afektif), dan keterampilan (psikomotorik). Dengan demikian, agar mahasiswa dapat mencapai level kreatif, ketiga faktor termaksud diupayakan agar optimal dalam sebuah kegiatan yang diberi nama Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai kreativitas daninovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dan arif, untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap,tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melaluikegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.
Dengan Workshop PKM diharapkanpara peserta segera dapat mempunyai konsep PKM yang matang. Mahasiswa mampu membuat proposal PKM sesuai aturan, dan melakukan bimbingan kepada Dosen Pembimbing yang ditunjuk antara lain Bapak Agus Suyatno, S.Pd., MM., Ibu Indah WahyuUtami, ST., M.Si., Bapak M. Muhtarom, SE., M.Kom., Ibu Novemy Triyandari Nugroho,SE., MM., Bapak Tri Djoko Santosa, MM., dan Ibu Nurmalitasari, M.Pd



Berita Lain