Universitas Duta Bangsa Juara Gemastik Menristekdikti

  • Kategori: Berita Universitas
  • Tanggal: 09 November 2018

Solo — Universitas Duta Bangsa berhasil meraih Juara 2 Gemastik Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemennristekdikti). Pada perlombaan tersebut, Universitas Duta Bangsa diwakili tiga mahasiswa.

“Ketiga mahasiswa itu adalah Rizky Eka Maulana, Richie Agung Pratama Putra dan Andreas Abi Permana dengan nama kelompok “Mandiri” telah berhasil meraih Juara 2,” ungkap Richie kepada wartawan, di Kampus Universitas Duta Bangsa Surakarta, Rabu (7/11).

Richie mengemukakan, Pagelaran Mahasiswa Teknologi Informasi dan Komunikasi atau dikenal dengan Gemastik merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Kemenristekdikti untuk mewadahi berbagai macam lomba di bidang teknologi tentunya. Kompetisi ini salah satunya untuk menguji kreativitas tim-tim dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Universitas Duta Bangsa merupakan wakil dari Kota Surakarta, mengikuti salah satu bidang yang ada di Gemastik yaitu bidang Keamanan Jaringan dan Sistem Informasi. Keamanan sistem informasi berbasis Internet harus sangat  diperhatikan, karena jaringan komputer Internet yang sifatnya publik dan global pada dasarnya tidaklah aman.

Dalam perlombaan tersebut, kata Richie, peserta lomba diberikan kasus untuk mencari celah keamanan jaringan dan sistem informasi. Peserta melakukan penetrasi pada server yang sudah disiapkan dan mencari kelemahan pada sistem yang ada di server.

Diharapkan dengan adanya lomba gemastik tahunan dapat meningkatankan keterampilan dan kreatifitas dari mahasiswa seluruh Indonesia, dan mampu memberikan manfaat bagi keamanan jaringan dan sistem yang ada di Indonesia.

Sumber:http://timlo.net/baca/6701/universitas-duta-bangsa-juara-gemastik-menristekdikti/



Berita Lain