Workshop Jurus Jitu ACC Proposal Skripsi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Duta Bangsa Surakarta

  • Kategori: Berita Universitas
  • Tanggal: 26 Desember 2018

Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Duta Bangsa menyelenggarakan Workshop Penyusunan Proposal Skripsi periode 1 di Aula 2 Fakultas Ilmu Komputer, Sabtu (22/12/2018).
Materi yang disampaikan dalam workshop adalah Trik dan Tips Pemilihan Tema dan Judul Skripsi oleh Eko Purwanto, M.Kom dan Mater Teknik Penulisan dan sitasi oleh Pipin Widyaningsih, M.Kom. Setelah penyampaian materi dilanjutkan dengan Klinik proposal masing-masing mahasiswa. Dalam acara workshop periode 1 ini dihadiri oleh 60 mahasiswa. Tujuan dari workshop ini adalah 1) Menyegarkan pemahaman mahasiswa tentang jenis dan pelaksanaan skripsi dan pemilihan tema atau judul Skripsi, 2)Mendiseminasikan Tatacara Penulisan Skripsi yang standar serta efektif dan efisien, 3)Mendiseminasikan Format Penulisan Skripsi, 4)Mendiseminasikan tatacara melakukan sitasi dan cara menghindari plagiat.

Setiap  mahasiswa/i Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Duta Bangsa yang akan menyelesaikan studinya diwajibkan untuk menyusun suatu karya ilmiah yang disebut Skripsi, setelah yang bersangkutan memenuhi persyaratan akademis dan  administrasi. Dengan  menyusun Skripsi diharapkan mahasiswa/i mampu merangkum dan mengaplikasikan semua pengalaman pendidikannya untuk memecahkan masalah dalam bidang studi tertentu secara sistematis, logis dan ilmiah, berdasarkan data atau informasi yang akurat dan didukung analisis yang tepat, dan menuangkannya dalam bentuk laporan hasil penelitian ilmiah (disebut juga  laporan penelitian atau laporan ilmiah). 

Laporan penelitian adalah laporan yang disusun  melalui  tahap-tahap  berdasarkan  teori tertentu dan menggunakan metode ilmiah yang sudah disepakati oleh para ilmuwan. Suatu laporan penelitian harus menyajikan kebenaran ilmiah, dari hasil pengamatan dengan analisis yang cermat. Materi yang ditelaah harus berorientasi pada pembuktian kebenaran ilmiah, proses peningkatan nilai tambah secara  kreatif   dan  inovatif,  serta  mampu  memberikan sumbangan baru bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 



Berita Lain