UDB Bersama Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Adakan Kegiatan Lapangan Pelatihan Relawan OSS

  • Kategori: Berita Universitas
  • Tanggal: 28 November 2022
Kuliah lapangan yang bertema tentang Pelayanan, dan Pelatihan Relawan OSS dalam pembuatan NIB melalui oss.go.id yang dilaksanakan di Solia Yosodipuro Solo, ruang Mahesa pada tanggal 24 November 2022 pukul 09.00 - Selesai telah dilakukan dengan lancar dan hikmat. Kegiatan ini diawali dengan kata pengenalan pelayanan web oss oleh Perwakilan Dinas Penanaman Modal Semarang yang diwakilkan oleh Ibu Tria Mei Dian Sari, S.IP, M.B.A (Perwakilan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu). Kegiatan Kuliah Lapangan ini kita didampingi oleh Bapak Kaprodi Aris Prio Agus Santoso, SH.,MH.


Dalam Kegiatan kuliah lapangan ini kita membahas apa itu Web oss.go.id ,Cara pembuatan NIB bagi pengusaha dan Pendampingan Pelayanan OSS yang dimana penyampaian penjelasan materi, kita didampingi oleh Ibu Tria Mei Dian Sari,S IP , M.B.A perwakilan dari (Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu). Dalam pembuatan NIB ada pembagian untuk NIB ( UMK dan Non UMK ) ,KBLI ( Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia) untuk kita sebagai yang ingin membuat NIB dan sedang membuka usaha kecil dirumah kita bisa memilih dengan memlih sebagai UMK ( modal dimulai dari 0 sampai 1 Miliar rupiah). Banyak persyaratan yang dibutuhkan dalam pembuatan NIB mengenai Data Diri, Usaha apa yang dijalankan ,Alamat Usaha,Profit perbulan,Lokasi Usaha,dll. Hal tersebut dibutuhkan dalam pembuatan NIB agar DPMTSP tau tentang usaha kita.Setelah tata cara pembuatan NIB tersebut beberapa mahasiswa/mahasiswi mencoba langsung dalam pembuatan NIB dengan pengarahan dari Ibu Dian ( Perwakilan Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu).


Setelah penyampaian materi lalu kita diberi tahapan tahapan dalam pembuatan OSS dan Pembuatan NIB secara langsung ,Ibu Tria Mei Dian Sari S IP, M.B.A membuka sesi tanya jawab bersama mahasiswa/mahasiswi. Dalam Sesi tanya jawab ini banyak Mahasiswa/Mahasiswi yang aktif bertanya tentang kendala,pelaporan dan bagaimana jika UMK tidak memiliki NIB apa saja dampak yang diberikan dalam hal tersebut Jawaban beliau atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dapat menjawab rasa penasaran bagi para penanya. Program Kuliah Lapangan diharapkan dapat menambah Ilmu dan wawasan yang baru bagi Mahasiswa/Mahasiswi Universitas Duta Bangsa Surakarta.


Rektor, Kaprodi, para Dosen Pembimbing serta Mahasiswa/Mahasiswi Prodi S-1 Hukum Fakultas Hukum dan Bisnis mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang telah memfasilitasi sehingga terlaksananya kegiatan Kuliah Lapangan pada hari ini.



Berita Lain