The Global Entrepreneur University

Universitas Duta Bangsa Surakarta Mengadakan Seminar Proposal Skripsi/Tugas Akhir Menggunakan Video Conference dan Streaming

Universitas Duta Bangsa Surakarta memastikan kegiatan akademik tetap berjalan meskipun saat ini sedang diterapkan Work From Home akibat wabah virus corona (Covid-19). Adapun salah satu kegiatan akademik yang sangat penting dan dinanti-nanti mahasiswa adalah proses menjalani Skripsi bagi mahasiswa S1 dan Tugas Akhir bagi mahasiswa D3. Mengingat bulan februari sampai agustus adalah masa ramai-ramainya mahasiswa UDB mengambil mata kuliah Skripsi dan Tugas Akhir, maka UDB perlu mengambil sikap agar kegiatan skripsi tetap berjalan dan mahasiswa dapat lulus tepat waktu. 

Fakultas Ilmu Komputer yang pada bulan Februari 2020 sudah menerima pendaftaran Skripsi dan Tugas Akhir cukup banyak yaitu 278 mahasiswa dan sampai berita ini diterbitkan proses pendaftaran tetap berlangsung secara daring. Wijiyanto, M.Pd, M.Kom selaku dekan Fakultas Ilmu Komputer mengatakan “Kita tetap melayani semua civitas akademika baik layanan akademik atau non akademik. Layanan akademik seperti perkuliahan, bimbingan skripsi/tugas akhir, seminar-seminar dan tugas akhir tetap dilayani secara daring. Sedangkan Layanan non akademik kita sudah memiliki aplikasi UDB Pay berbasis android yang terintegrasi dengan sistem keuangan, jadi mahasiswa dapat melakukan pembayaran layaknya berbelanja online”. 

Dalam proses seminar proposal skripsi dan tugas akhir Fakultas Ilmu Komputer bekerja sama dengan Biro Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) tingkat rektorat. Disampaikan oleh Sopingi, M.Kom selaku Kepala Biro PTIK bahwa pelaksanaan seminar proposal skripsi/tugas akhir secara daring dilakukan atas kerja sama UDB dengan Google Education. Aplikasi yang digunakanpun sudah saling terintegrasi antara penjadwalan, notifikasi dan pelaksanaan seminar.
Penjadwalan seminar dikelola oleh Biro Akademik fakultas ilmu komputer dengan menggunakan aplikasi Google Calendar yang mampu mendistribusikan jadwal ke dosen penguji dan mahasiswa melalui notifikasi email dan pengingat atau alarm di Smartphone Android 30 menit sebelum seminar dimulai. Sedangkan Video Conference menggunakan aplikasi Google Meet yang mampu diikuti oleh maksimal 250 peserta seminar. Selain itu untuk melayani mahasiswa yang ingin mengikuti jalanya seminar dapat mengakses video streaming sesuai jadwal yang disampaikan melalui notifikasi android. Disampaikan juga Sri Sumarlinda, M.Kom selaku panitia seminar proposal secara daring bahwa beberapa mahasiswa mengeluhkan koneksi di daerah masing-masing karena sinyal internet yang lemah, sehingga tidak bisa mengikuti seminar dengan lancar. Maka untuk memberikan layanan kepada mahasiswa di pedesaa, proses seminar proposal skripsi/tugas akhir juga direkam dan disimpan di Google Drive untuk berikutnya dishare kepada seluruh mahasiswa yang sudah mendaftar seminar proposal agar tetap dapat mengikuti seminar mahasiswa lain meskipun berupa rekaman video.
Dengan adanya seminar proposal skripsi/tugas akhir secara daring maka pelayanan kepada mahasiswa dapat dilakukan secara penuh dalam kondisi wabah virus corona (covid-19). Semoga wabah virus corona segera berakhir, sehingga seluruh kegiatan akademik di UDB dapat berjalan seperti semula.

Berita Lain