FIKOM UDB Sukses Menyelenggarakan Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Bisnis (SENATIB) Tahun 2024

  • Kategori: Berita Universitas
  • Tanggal: 19 Juli 2024
Kamis 18 Juli 2024, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Duta Bangsa Surakarta menyelenggarakan Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Bisnis (SENATIB) secara hybrid online dan offline. Kegiatan SENATIB tahun ini merupakan tahun keempat, yang mengusung tema Transformasi Bisnis melalui IoT dan AI: Peluang dan Tantangan.


Pembicara pertama yakni, Prof. Zainal Arifin Hasibuan, P.hD. dengan materi Transformasi Bisnis Berbasis Kecerdasan Artifisial. Beliau sekaligus sebagai Pembina Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) Indonesia, menyampaikan pengaruh Kecerdasan Buatan (Ai) yang dapat mempengaruhi dunia Bisnis khususnya UMKM. Selanjutnya, pembicara kedua Bapak Nurchim, S.Kom., M.Kom. mengutarakan bahwa Peran IoT di era saat ini sangat berperan bagi manusia yang ada diberbagai sektor (Kesehatan, manufaktur dan smart city).


SENATIB 2024, diikuti oleh 1069 peserta terdiri dari 965 peserta seminar dan 108 presenter, dari beberapa daerah di Indonesia seperti Banjarmasin, Jombang, D.I. Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan tentunya Jawa Tengah baik praktisi, akademisi, mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi seperti Universitas PGRI Jombang, Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin, Universitas Telkom, Universitas Dian Nuswantoro, Universitas Islam Indonesia dan Universitas Duta Bangsa Surakarta dan universitas lainnya.


Bapak Dr. Singgih Purnomo, MM selaku Rektor Universitas Duta Bangsa Surakarta mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta seminar dan pemakalah yang telah berpartisipasi dalam kegiatan SENATIB 2024 ini. Harapannya, dengan melalui SENATIB 2024 ini dapat berbagi ilmu khususnya dalam peluang dan tantangan menghadapi perkembangan Kecedasan Buatan (AI) dan IoT yang begitu cepat sehingga memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk kemajuan bangsa dan terutama umat manusia.




Berita Lain