Dosen dan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Duta Bangsa menjadi Narasumber dalam acara Live Talkshow di RRI Pro 2 Surakarta

  • Kategori: Berita Universitas
  • Tanggal: 06 Februari 2019

Ibu Indah WahyuUtami (Dosen Fikom UDB) didampingi salah satu mahasiswa sekaligus aktivis Ormawa Universitas Duta Bangsa, Daris Sajid'Aalam (Mahasiswa Fikom UDB) pada Kamis sore (31/1) tepatnya pada pukul 16.00 – 17.00 mendapat kesempatan menjadi narasumber tamu dalam acara  LIVE Talkshow di RRI Pro 2 Surakarta. Acara Numpang Nampang edisi akhirJanuari 2019 tersebut mengambil topik bahasan Kewirausahaan dan Wirausaha Mahasiswa.

Melalui Acara #Numpang Nampang Radio Pro 2 RRI Surakarta saluran 105.5, sebagai salah satu Dosen Kewirausahaan,  Ibu Indah WahyuUtami, M.Si mengungkap kan bahwa sejalan dengan visiUniversitas Duta Bangsa Surakarta yaitu"The Global Entrepreneur University", maka disiapkan kurikulum berbasis Kewirausahaan, terimplementasi dalam 3 matakuliah (Kewirausahaan 1, 2, dan 3). Tim Rektoratdan Tim Dosen Kewirausahaan akan mendukung dan menyiapkan mahasiswa dan calon mahasiswa di Universitas Duta Bangsa Surakarta menjadi tenaga professional dan wirausaha muda yang berkualitas global.

Tujuan penambahan mata perkuliahan ini adalah untuk mendongkrak motivasi, semangat berwirausaha para mahasiswa, sehingga lulusan Universitas Duta Bangsa  Surakarta diharapkan target sedikitnya 20% lulusan sebagai wirausaha yang sukses, sesuai dengan bidang usaha yang diminatinya.

Draft kurikulum Kewirausahaan masih dalam proses pemantaban, sebelum diimplementasikan di semester depan. Direncanakan perkuliahan kewirausahaan untuk jenjang D3 akan diberikan pada semester 3, 4, dan 5. Sedangkan untuk jenjang Strata 1 akan diberikan pada semester 5, 6, dan 7. Menurut Ibu Indah WahyuUtami, M.Si, dengan kewirausahaan ini dimaksudkan agar mahasiswa mempunyai belief system bahwa berwirausaha bisa menjadi alternatif pekerjaan yang menjanjikan selain menjadi pegawai kantor atau karyawan. Bukan hanya paham secara teori, melainkan juga dalam hal praktik dan implementasi di lapangan.

Hasil luaran yang diharapkan adalah mahasiswa telah mempunyai produk barang atau jasa, mampu membuka cabang baru, mengelola usaha dengan baik, dan akan menjadi mentor bagi calon-calon wirausahawan yang baru.

Selain itu, salah satu Mahasiswa D3-Teknik Komputer Fikom Universitas Duta Bangsa Surakarta yaitu DarisSajid'Aalam(ig : @dariscomp) telah membuktikan bahwa berbekal pengalaman dan ilmu yang dipelajari, dia dapat berwirausaha. Usaha yang tengah dijalaninya adalah D@risComp, Bengkel Reparasi Komputer. Ketika dia aktif mengikuiti perkuliahan, dia pun tetap aktif berwirausaha. Kedua hal itu dijalaninya secara bersamaan dan tidak menghalanginya untuk terus berkembang.

Berwirausaha tidak menghalangi mahasiswa untuk belajar, justru dengan berwirausaha, hal itu mampu meningkatkan keahlian dan mengembangkan bakatnya. Selain aktif mengelola usahanya, Daris Sajid ‘Aalam juga seorang aktivis Organisasi Kemahasiswaan aktif di BEM dan Unit Kegiatan Mahasiswa Seni (ESTETIKA) di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Duta Bangsa Surakarta. Kesehariannya, dilalui dengan sangat dinamis dan terkondisikan dengan baik. Asal bisa membagi waktu antara kuliah, kegiatan Ormawa, dan berwirausaha.
Teman-temanmasihbisamenyaksikan Live Talkshow #NumpangNampang di link berikut https://youtu.be/gtYOsDtTJmo



Berita Lain