The Global Entrepreneur University

E-Learning Universitas Duta Bangsa Surakarta Telah Terintegrasi Dengan SPADA Indonesia

SPADA Indonesia atau Sistem Pembelajaran Daring Indonesia telah terintegrasi oleh E-Learning Universitas Duta Bangsa Surakarta.


Apa itu SPADA Indonesia? 
SPADA Indonesia adalah kependekan dari Sistem Pembelajaran Daring Indonesia. Apakah gerangan? SPADA Indonesia adalah salah satu program Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk meningkatkan pemerataan akses terhadap pembelajaran yang bermutu di Perguruan Tinggi. Dengan sistem pembelajaran daringnya, SPADA Indonesia memberikan peluang bagi mahasiswa dari satu perguruan tinggi tertentu untuk dapat mengikuti suatu mata kuliah bermutu tertentu dari perguruan tinggi lain dan hasil belajarnya dapat diakui sama oleh perguruan tinggi dimana mahasiswa tersebut terdaftar.

SPADA Indonesia dikembangkan untuk menjawab beberapa tantangan pendidikan tinggi seperti kapasitas perguruan tinggi yang terbatas; keterjangkauan PT yang rendah dikarenakan sebaran yang kurang merata; masih banyaknya perguruan tinggi yang belum memiliki sumber daya pendidikan yang memadai dan berkualitas, perguruan tinggi bermutu lebih banyak masih terkonsentrasi di pulau Jawa; masih rendahnya layanan pendidikan tinggi yang setara dan bermutu; dan masih rendahnya jaminan pemenuhan kebutuhan dan permintaan pendidikan tinggi yang bermutu.

Keberadaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang begitu canggih dewasa ini, menawarkan potensi besar untuk menjawab tantangan tersebut di atas. TIK memberikan peluang dilakukannya pendidikan tinggi berjejaring (networked higher education) dan pembelajaran daring (online learning). Atas dasar inilah SPADA Indonesia hadir sebagai salah satu terobosan (breakthrough) Direktorat Pembelajaran, Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dalam meningkatkan tenaga trampil berpendidikan tinggi.

Sebagai inisiasi awal, SPADA Indonesia telah bekerjasama dengan beberapa Perguruan Tinggi Penyelenggara yaitu, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Bina Nusantara, AMIKOM, Universitas Pelita Harapan, Universitas Telkom, dan Sekloah Tinggi Pariwisata Trisakti. Untuk selanjutnya, SAPADA Indonesia terbuka bagi seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Bagaimana cara melakukan pendaftaran SPADA Indonesia?
  1. Silahkan kunjungi E-Learning Universitas Duta Bangsa Surakarta atau dapat diakses melalui https://elearning.udb.ac.id/
  2. Pada halaman awal E-Learning, silahkan isi data dengan benar. Pastikan email yang didaftarkan menggunakan email Universitas. [Khusus Dosen jika gagal daftar karena nama tidak sesuai PDDIKTI, silahkan dicoba LAST NAME dikosongkan]


  3. Klik tombol "DAFTAR KE SPADA INDONESIA", kemudian silahkan melakukan konfirmasi melalui email yang didaftarkan. 


  4. Untuk mengakses halaman SPADA Indonesia silahkan kunjungi https://spada.kemdikbud.go.id/
Keterangan : Untuk tutorial sinkronisasi E-Learning ke SPADA Indonesia sedang dalam proses pembuatan oleh Tim IT. Silahkan update halaman ini pada kesempatan berikutnya

Contoh Mata Kuliah Dalam Tahap Sinkronisasi