The Global Entrepreneur University

Grand Closing Asistensi Agama Islam bertema Pemuda Penggerak Peradaban Islam LDK FOKAMM Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa Surakarta

LDK FOKAMM Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa Surakarta menggelar Grand Closing Asistensi Agama Islam bertema “Pemuda Penggerak Peradaban Islam” di Masjid Nurul Huda UNS,Sabtu-Minggu(6,7/01/2018).

Pemuda bukan sekadar generasi penerus tongkat estafet perjalanan bangsa, bahkan lebih dari itu mereka sudah memiliki tanggung jawab tersendiri terhadap kemajuan bangsa ini. Artinya, pemuda tidak perlu menunggu kapan tongkat estafet itu diberikan. Semua itu mencerminkan bahwa peranan pemuda memang sangat besar sekali dalam bangsa ini. Mereka tidak menunggu tongkat estafet itu diberikan, atau hanya menunggu bola saja. Mereka bergerak berdasarkan nurani dan jiwa kepemudaan mereka sendiri.
Terciptanya Kapal Terbang bukan untuk sarana transportasi tapi justru untuk perang. Hal ini terjadi salah satunya  dikarenakan ilmu yang tidak diiringi dengan iman. Selain hal diatas pembinaan aqidah dan akhlak dikalangan para mahasiswa dan pemuda pada umumnya perlu diadakan dan ditingkatkan.  Dan ditengah merosotnya keyakinan bahwa islam adalah pegangan dan solusi terhadap kehidupan pribadi dan sosial umat islam, maka perlu adanya suatu kegiatan tarbiyah tsaqofah islamiyah (pembinaan pemahaman keislaman).

Grand Closing AAI ini dihadiri oleh Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan Bapak Agus Suyatno, S.Pd., MM, Pembina LDK FOKAMM Bapak  Arif Setiawan, S.Si, dan Dosen Pendidikan Agama Islam Ibu Sufia Widi K, S. Sos, I., M. A, serta diikuti sekitar 70 peserta yang berasal dari mahasiswa/i angkatan 2017 yang beragama islam.
Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan sambutan-sambutan. Setelah sholat isya’ kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video yang dibuat oleh masing-masing kelompok mentoring yang berisikan tema materi yang telah disampaikan oleh masing-masing mentor. Video yang dipresentasikan oleh masing-masing kelompok mentor juga dinilai oleh dewan juri dari MPOF, bagi video yang dinilai memenuhi kriteria penilaian, maka akan mendapatkan apresiasi dari panitia.

Setelah acara pemutaran video selesai, dilanjutkan materi pertama oleh Afif Muchlisin yang merupakan pengurus PUSKOMDA Soloraya, materi yang disampaikan meliputi perjuangan pemuda pada zaman dahulu, salah satunya tokoh penakluk Konstantinopel yaitu Muhammad Al Fatih. Kemudian  pada hari Minggu, 7 Januari 2018 setelah sholat subuh berjamaah dilanjutkan dengan olahraga pagi dan game. Setelah game, dilanjutkan dengan MCK dan sarapan pagi.
Setelah sholat dhuha, dilanjutkan dengan materi kedua oleh alumni Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa Surakarta  Yopie Kristianto, A.Md, beliau juga pernah menjabat sebagai ketua LDK FOKAMM. Materi yang disampaikan meliputi problematika pemuda pada era modern saat ini. Kemudian setelah materi kedua selesai, dilanjutkan acara pembagian hadiah bagi pemenang pembuatan video, pemenang game, dan pembagian doorprize. Acara Grand Closing AAI ditutup dengan pembagian sertifikat untuk peserta mentoring dan foto bersama.

Berita Lain