Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Tingkat Universitas Duta Bangsa Surakarta Program Sarjana dan Diploma Tahun 2020

  • Kategori: Berita Universitas
  • Tanggal: 13 Juni 2020

Dalam rangka pengembangan kompetisi di era Revolusi Industri 4.0 dan Implementasi kebijakan Kampus Merdeka, maka Universitas Duta Bangsa Surakarta mengingkuti kegiatan yang diadakan Pusat Prestasi Nasional Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang menyelenggarakan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tahun 2020.

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tahun 2020 dibagi menjadi dua jenjang yaitu jenjang Sarjana dan Diploma. Sehubungan dengan hal tersebut, Bidang Kemahasiswaan mengadakan kegiatan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRE) tingkat Universitas Duta Bangsa Surakarta, karena Bidang Kemahasiswaan berkeyakinan banyak Mahasiswa Universitas Duta Bangsa Surakarta yang berkompeten untuk mengikuti Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tahun 2020. Mahasiswa berprestasi dari Universitas Duta Bangsa Surakarta diharapkan mampu mengembangkan potensi dirinya supaya lebih berkembang dan mampu berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia di masa mendatang.

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) tahun ini tentunya sangat berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, karena adanya pandemi Covid-19. Namun ditengah pandemi ini, PILMAPRES tahun 2020 tingkat Universitas Duta Bangsa tetap berjalan lancar walaupun dilakukan dengan daring menggunakan aplikasi Google Meet. Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat Universitas Duta Bangsa Surakarta, memiliki 14 peserta dari masing – masing program studi di Universitas Duta Bangsa, yang sebelumnya sudah mengikuti seleksi PILMAPRES pada masing – masing Fakultas. PILMAPRES tingkat Universitas Duta Bangsa Surakarta dinilaioleh 3 dewanjuri, yaitu Bp. Drs. Priyono, M.Si, Bp. Dr. Aditya Saputra, M.Sc, & Bp. Tominanto, S.Kom., M.Cs. Para peserta yang sudah lolos seleksi fakultas, dan telah lolos seleksi pemberkasan pada tingkat universitas, selanjutnya peserta diwajibkan mengirimkan presentasi Karya Tulis lmiah mereka berupa video, video tersebut telah dikirimkan kepada dewan juri sebelum kegiatan pemilihan mahasiswa berprestasi dimulai, sehingga video presentasi sudah dinilai terlebih dahulu oleh para dewan juri. Video presentasi tersebut memudahkan para peserta supaya dapat tetap memberikan presentasi yang terbaik, mengingat adanya pandemi yang terjadi pada tahun ini, jadi tidak memungkinka nntuk para peserta memberikan presentasi secara langsung, maupun secara online. Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat Universitas Duta Bangsa telah dilaksanakan pada hari Selasa, 9 Juni 2020, agenda pada hari tersebut yaitu pelaksanaan Tanya jawab atau diskusi sehubungan dengan karya tulis ilmiah yang sudah dipresentasikan oleh para peserta melalui video mereka, dan juga percakapan peserta menggunakan Bahasa inggris dengan dewanjuri.
Setelah mengakumulasi nilai dari presentasi video karya tulis ilmiah dari dewan juri, nilai kecakapan Bahasa inggris dari dewan juri, nilai IPK peserta, & nilai prestasi peserta. Maka didapatkan nilai akhir yang sehingga mendapat 1 Juara program sarjana dengan nilai 60,06 dari program studi S1 - Sistem Informasi atas nama Sukma Rahmawati, dan 1 juara program diploma dengan nilai 65,73 dari program studi D3 – Rekam Medis atas nama Arum Gayatri. Berikut nama – nama peserta PILMAPRES program sarjana tahun 2020 beserta nilai akhirnya :

NO

NAMA PESERTA

PROGRAM STUDI

NILAI AKHIR

1

SukmaRahmawati

S1 – SistemInformasi

60,06

2

JemykaPhalupi

S1 – TeknikInformatika

57,85

3

KumaratihKumaratungga

S1 – TeknikIndustri

57,76

4

SafinaCallista

S1 – Hukum

57,30

5

AstinLeuisaMaysafira

S1 – Bahasa Inggris

56,46

6

Arya Karisma

S1 – Akuntansi

56,42

7

KeziaPutriMahaDewi

S1 – Farmasi

53,18

8

Lily Katniaty

S1 – Manajemen

52,16

9

QurotuA’yun

S1 – Agribisnis

51,06

10

Risky Ain NurRohmah

S1 – Keperawatan

48,48

 Dan berikutinimerupakannamanamapeserta PILMAPRES program diploma besertanilaiakhirnya :

NO

NAMA PESERTA

PROGRAM STUDI

NILAI AKHIR

1

Arum Gayatri

D3 – RekamMedis

65,73

2

IkaAnggraini

D3 – ManajemenInformatika

57,71

3

AjengPuspita Sari

D3 – Kebidanan

50,06

4

DanisaNurPutriAydi

D3 – Keperawatan

47,35

Para pemenang PILMAPRES tingkat Universitas Duta Bangsa Surakarta program sarjana dan diploma tahun 2020 berhak mendapatkan piala, uang pembinaan, dan sertifikat penghargaan. Dan bagi semua peserta PILMAPRES juga mendapatkan sertifikat keikutsertaan pada PILMAPRES tingkat Universitas Duta Bangsa Surakarta program sarjana dan diploma tahun 2020. Harapan kedepan semoga Unversitas Duta Bangsa dapat mengadakan kegiatan PILMAPRES kembali dengan keadaan yang lebih baik, dan antusias mahasiswa yang lebih tinggi.



Berita Lain