The Global Entrepreneur University

Program Magang Mahasiswa UDB Surakarta Sebagai Bentuk Perwujudan Program MBKM

Pogram magang merupakan salah satu proses pembelajaran dalam Kampus Merdeka Universitas Duta Bangsa Surakarta. Program magang oleh mahasiswa memberikan tantangan dan kesempatan untuk pengembangan inovasi, kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui kenyataan dan dinamika lapangan seperti persyaratan kemampuan, permasalahan riil, interaksi sosial, kolaborasi, manajemen diri, tuntutan kinerja, target dan pencapaiannya (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2020).


Magang/Praktik Kerja berdasarkan Kampus Merdeka dapat dilaksanakan dalam 1 – 2 Semester, setara dengan 20 SKS – 40 SKS, yang mempunyai beban kredit 170 (seratus tujuh puluh) menit per minggu per semester, yang dilaksanakan di instansi/lembaga pemerintah atau swasta, pada bidang yang terkait dengan penerapan ilmu sesuai program studi yang dimiliki oleh Universitas Duta Bangsa Surakarta. Bidang-bidang tersebut tidak dibatasi, sejauh relevan dan sesuai dengan CPL dari Mata Kuliah Program Studi di Lingkungan Universitas Duta Bangsa Surakarta dan sesuai minat mahasiswa. 



Magang/Praktik Kerja merupakan penugasan kepada mahasiswa untuk mempelajari dan mengikuti kegiatan suatu pekerjaan sesuai dengan bidang atau mata kuliah di lapangan dan menulis laporan kegiatan secara tertulis. Oleh Sebab itu, Dalam rangka memenuhi amanah dari Kemendikbud tersebut, maka Universitas Duta Bangsa wajib memfasilitasi dalam pelaksanaan pemenuhan masa dan beban belajar mahasiswa dalam program MBKM.



Setelah mengikuti pembelajaran langsung di tempat kerja (experiential learning) melalui program Magang/Praktik Kerja, mahasiswa diharapkan mendapatkan hardskills (keterampilan, complex problem solving, analytical skills, dsb.), maupun soft skills (etika profesi/kerja, komunikasi, kerjasama, dsb.) sehingga dapat memberikan pengalaman kontekstual lapangan yang akan meningkatkan kompetensi mahasiswa secara utuh, siap kerja, atau menciptakan lapangan kerja baru. Program magang juga dimaksudkan untuk menerapkan program link & match pada sistem pendidikan tinggi di Indonesia. 

Berita Lain