Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Universitas Duta Bangsa Surakarta Tahun 2019

  • Kategori: Berita Universitas
  • Tanggal: 28 Februari 2019

Universitas Duta Bangsa Surakarta menyelenggarakan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) tahun 2019 di aula Fakultas Ilmu Kesehatan pada Senin (21/02/2019). Prestasi mahasiswa merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan sebuah instasnsi pendidikan dalam mengelola manajemen dilingkungan Universitas. Dikarenakan mahasiswa di perguruan tinggi dituntut untuk memiliki academic knowledge, skill of thinking, management skill, dan communication skill. Berbagai strategi perguruan tinggi untuk selalu meningkatkan kualitas mahasiswa yang menimba ilmu di tempat mahasiswa belajar dimulai dari melengkapi sarana dan prasarana penunjang, penyesuaian kurikulum dengan DUDI, hingga mengikuti berbagai kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kualitas mahasiswanya. Lulusan di Universitas Duta Bangsa Surakarta diharapkan untuk memiliki kemampuan profesional dengan keterampilan/kemampuan kerja bermutu, memecahkan masalah didasarkan pada pemikiran analitis, kritis, dan logis, sehingga dapat menghasilkan karya yang kreatif dan inovatif sesuai dengan jenjang programnya. Kegiatan pembelajaran soft skills terintegrasi dalam intrakurikuler guna mendorong penguatan dalam hal kedisiplinan, ketekunan, ketelitian, ketangguhan, kegigihan, kerjasama dalam tim, komunikasi, kepemimpinan, dan motivasi untuk meraih prestas/capaian tertentu, terutama di saat terjadi perubahan seperti saat ini yaitu adanya Revolusi Industri 4.0 yang penuh tantangan dan persaingan.
Dalam rangka mengembangkan budaya akademik, mendorong daya saing sumber daya manusia, dan membudayakan apresiasi terhadap prestasi/capaian mahasiswa program diploma, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan menyelenggarakan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES). Pilmapres dituntut untuk mampu mencermati kualitas peserta sesuai dengan perkembangan terkini. Untuk menindaklanjuti hal tersebut perlu diadakan seleksi ditingkat universitas untuk memilih mahasiswa yang dapat mewakili universitas dalam kegiatan tersebut. Sehingga dengan adanya kegiatan tersebut mahasiswa yang mewakili universitas dapat mempersiapkan diri dengan baik, dalam hal soft skill maupun hard skill.

Tujuan dari pelaksanaan PILMAPRES ditingkat Universitas Duta Bansga Surakarta ini yaitu:

  • Memilih dan memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang meraih prestasi/capaian unggul dan membanggakan dalam kegiatan pilmapres di tingkat universitas .
  • Memotivasi mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan pilmapres tingkat universitas sebagai wahana untuk menyeimbangkan hard skills dan soft skills mahasiswa.
  • Mendorong perguruan tinggi untuk mengembangkan budaya akademik yang dapat memfasilitasi mahasiswa mencapai prestasi/capaian unggul dan membanggakan secara berkesinambungan.
  • Memilih calon peserta yang diajukan dalam pilmapres tingkat LLDIKTI dan Nasional.

PILMAPRES di Universitas Duta Bangsa Surakarta mendatangkan juri sebanyak 3 orang, yaitu : Drs. Priyono, M.Si. dari Universitas Muhammadiyah Surakarta, Tominanto, S.Kom, M.Cs. dari Universitas Duta Bangsa, dan Aditya Saputra, S.Si, M.Sc, Ph.D dari Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penilaian juri tentang hasil karya tulis ilmiah dan presentasi finalis dalam Bahasa Indonesia oleh Drs. Priyono, M.Si., Tominanto, S.Kom, M.Cs., sedangkan penilaian presentasi Bahasa Inggris oleh Aditya Saputra, S.Si, M.Sc, Ph.D.
Mahasiswa yang berpartisipasi dalam jenjang diploma sebanyak 6 finalis dan jenjang sarjana sebanya 3 finalis. Hasil terbaik setelah dilakukan seleksi terpilih finalis terbaik dari jenjang diploma adalah Fahrindra Yusuf Arfannedi dari D3 Rekam Medik dan Informasi Kesehatan (RMIK) dan finalis terbaik dari jenjang sarjanan adalah Frestiany Regina Putri dari S1 Teknik Informatika. Degan adanya kegiatan ini diharapkan finalis terbaik yang terpilih dapat mewakili Universitas Duta Bangsa dalam mengikuti PILMAPRES ditingkat nasional.



Berita Lain