The Global Entrepreneur University
  • image descriptionEng
  • image descriptionEng
  • image descriptionEng

INTERNATIONAL STUDENT EXCHANGE 2020

Universitas Duta Bangsa Surakarta bekerja sama dengan beberapa kampus luar negeri untuk mengadakan International Student Exchange 2020, diantara nya adalah Univesiti of Kuala Lumpur, Malaysia, International College of Rajamangala University of Technology Krungthep, Thailand, dan Universidade Nasional Timor – Lorasae, Timor Leste.

Kegiatan International Student Exchange 2020 yang dilakukan dengan metode daring ini diadakan pada tanggal 22 Desember 2020 sampai 23 Desember 2020 mempunyai 2 kegiatan, yaitu pada hari pertama diadakan kegiatan Workshop Business Strategy dengan pembicara pertama Assos. Prof. Ilham Sentosa, PhD dengan materi : “Business EcoSystem 5.0 & Local Empowerment for Pandemic Recovery” , Mr. Ilham mengambil studi kasus dari drama korea yang sedang hitz di kalangan anak muda pada tahun ini yang berjudul Start Up. Mr. Ilham menjelaskan bahwa banyak sekali pelajaran tentang bisnis yang dapat diambil dari drama korea tersebut, salah satunya tentang branding, teamwork, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kemudian pembicara kedua yaitu Ibu Faulinda Ely Nastiti, S.Kom., M.Eng menjelaskan materi tentang “Maximize your IT devices then come “CUAN” to your account”. Ibu Faulinda menjelaskan bahwa sebagai anak muda milenial kita harus bisa memanfaatkan sebaik mungkin perkembangan zaman yang sedang terjadi, salah satu nya memanfaatkan teknologi IT untuk mendapatkan uang, atau yang biasa kita sebut dengan istilah “CUAN” . Para peserta sangat antusias dengan materi materi yang disampaikan oleh kedua pembicara tersebut, setelah selesai penyampaian materi, para peserta kemudian melakukan tanya jawab atau diskusi dengan pembicara seputar bisnis.

Dilanjutkan kegiatan hari kedua, Competition Innovation Business Plan dengan 3 juri yaitu, Assoc. Prof. Ilham Sentosa, P.Hd dari University of Kuala Lumpur Malaysia, Mr. Nico Irawan dari International College of Rajamangala University of Technology Krungthep, dan Mr. Abreu Andre Boavida dari Universidade Nasional Timor – Lorasae, Timor Leste. Sebelum kegiatan hari kedua dilaksanakan, semua peserta sudah mengirim video presentasi berupa rencana bisnis para peserta yang juga sudah dinilai oleh para dewan juri, pada kegiatan hari kedua, peserta hanya perlu melakukan Tanya jawab dengan dewan juri, apabila dewan juri perlu menanyakan rincian dari video presentasi peserta, maka dilakukan pada kegiatan hari kedua ini. Berikut data pemenang pada kegiatan Competition Innovation Business Plan dengan 4 kategori, yaitu :

Juara

Nama

Universitas

Best Business Plan

Juara 1

Imelda Stevani Adilia

Politeknik Indonusa Surakarta

Juara 2

Syahriztita Panjaitan

Universitas Duta Bangsa Surakarta

Juara 3

Rani Wulandari

STIE Wijaya Mulya Surakarta

Best Business Impact on Global

Juara 1

Ammy Magdelyn

International University of Malaya-Wales

Juara 2

Arya Karisma

Universitas Duta Bangsa Surakarta

Juara 3

Cellsy Marcella

Universitas Veteran Bangun Nusantara

Juara Harapan

Elizito dos Santos

Universidade Nasional Timor-Lorasae

Best Visioner Business

Juara 1

Febrianti Dinka

Politeknik Indonusa Surakarta

Juara 2

Muhammad Muchlasin

STMIK Sinar Nusantara

Juara 3

Nur Irdina Iwani

Universiti Kuala Lumpur (MIIT)

Best Creative Video

Juara 1

Ginarsiwi Mayangseto

Universitas Duta Bangsa Surakarta

Juara 2

Muhammad Faizur Rasyid

Universitas Duta Bangsa Surakarta

Juara 3

Muhammad Imam Baehaqi

STMIK Amikom Surakarta

Hasil penilaian dewan juri tidak dapat diganggu gugat, bagi Juara 1 mendapat uang tunai 50USD, Thropy, dan Award Certificate, untuk Juara 2 mendapat uang tunai 30USD , Thropy, dan Award Certificate, untuk Juara 3 mendapatkan uang tunai 20USD , Thropy, dan Award Certificate, dan untuk Juara Harapan mendapatkan uang tunai 10USD , Thropy, dan Award Certificate. Bagi peserta yang tidak mendapatkan kejuaraan, juga akan mendapat sertifikat keikutsertaan kegiatan International Student Exchange.

Kami mengucapkan terimakasih kepada semua peserta, pembicara, para dewan juri, dan semua pihak yang terlibat. Kami berharap semoga setiap tahun bisa mengadakan kegiatan seperti ini, dan tentunya dengan kondisi yang lebih baik.

Note :

Kepada para pemenang diharapkan menghubungi

Bagian Kerjasama dan Hubungan Internasional Universitas Duta Bangsa Surakarta

Cp : Ika Nadya Putri Pertiwi, S.Kom (089 669 314 126)

Berita Lain