The Global Entrepreneur University

Kontribusi UDB Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Kegiatan KKN Tematik

Universitas Duta Bangsa Surakarta melepas 495 Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Membangun Desa di 45 desa yang tersebar di 6 Kecamatan di Kabupaten Karanganyar. Adapun Kecamatan tersebut antara lain Ngargoyoso, Matesih, Karangpandan, Jatipuro, dan Jatiyoso. Kegiatan KKN tematik tersebut memiliki tujuan untuk memperkuat kompetensi mahasiswa, baik dari segi softskill maupun hardskill serta inovatif dan adaptif mengikuti perkembangan zaman. 

Meningkatkan peran serta masyarakat untuk gotong royong membersihkan Desa Jatisawit Kecamatan Jatiyoso

Kegiatan KKN Tematik merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di luar lingkungan kampus. Kegiatan KKN Tematik yang diadakan oleh UDB Surakarta dimulai sejak tanggal 2 Juni - 16 Juli 2022.

Pembuatan pestisida alami untuk Pengendalian Hama Wereng di Desa Dayu Kecamatan Karangpandan

Rektor UDB Surakarta, Dr. Singgih Purnomo, MM mengatakan bahwa kegiatan KKN Tematik merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan mahasiswa di desa guna mengimplementasikan Tridharma Pendidikan Tinggi. Para mahasiswa didorong untuk berkontribusi positif terhadap pengembangan beragam potensi unggulan di desa.

Penyuluhan kepada anak-anak Sekolah di SD Negeri 1 Segoro Gunung tentang bahaya gadget

Kegiatan KKN Tematik UDB Surakarta mengangkat tema Membangun Desa Kreatif dan Inovatif dalam Bidang Bisnis dan Kewirausahaan dengan Semangat Nasionalisme. Beragam kegiatan yang dilakukan mahasiswa mengacu pada tema yang diangkat dalam KKN Tematik. Mahasiswa dituntut dapat menerapkan teknologi tepat guna, pemberdayaan masyarakat, serta menggali beragam potensi unggulan di desa.

Meningkatkan kemampuan Baca Al-Qur'an melalui Metode Tsaqifa di Desa Jatisawit Kecamatan Jatiyoso

Ada beragam kegiatan yang dilaksanakan 45 kelompok mahasiswa dari 8 Program Studi selama KKN Tematik, kegiatan tersebut antara lain belajar membaca Al-Qur’an, penyuluhan kesehatan dan stunting, membuat pestisida dari bahan alami, pelatihan pemulasaran jenazah hingga spot berswafoto berbentuk taman bunga. Hingga kegiatan lain yang memberikan manfaat bagi masyarakat dan desa selama pelaksanaan KKN Tematik.

Berita Lain