LPPM Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa Surakarta Gelar Pelatihan Pengelolaan Manajemen Batik Digital

  • Kategori: Berita Universitas
  • Tanggal: 14 Agustus 2017

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat(LPPM) Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa Surakarta menggelar Pelatihan Pengelolaan Manajamen Batik Digital kepada Mitra Usaha di solo Bistro, jumat-sabtu (11-12/08/2017).

Pelatihan ini menghadirkan dua dosen dari Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa Surakarta, Pipin Widiyaningsih, M.Kom dan Faulinda Ely Nastiti,S.Kom.,M.Eng. Dalam kegiatan ini ada dua yang disasar, yakni untuk pemasaran yang berupa toko online dan pembukuan usaha Digital. Kegiatan ini merupakan program pengabdian kepada masyarakat dengan Teknologi Informasi. Sasarannya adalah mitra usaha batik di kampung batik laweyan.” Terang ketua pelaksana Pipin Widyaningsih,jumat(11/08/2017).

Kegiatan ini didanai oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi(Kemenristek Dikti) yang diajukan tahun 2016 lalu. Sasarannya adalah mitra usaha batik yang kesulitan mengenai pemasaran produknya. “Saat ini baru 2 toko hasil pengajuan ke Kemenristek Dikti, untuk kedepannya lebih banyak yang akan kami bantu. Kami melakukan survey lapangan dulu mengenai pemasaran yang dilakukan toko-toko batik dan kita juga memberi bantuan komputer.”Ujar Pipin.
Sejauh ini batik Puspa Kencana sudah punya blog untuk pemasaran produknya, namun belum bisa melakukan transaksi, sehingga keberadaan LPPM Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa untuk menjembatani hal tersebut dengan membuat toko online. Hal ini supaya produk mudah di pasarkan secara online dan konsumen bisa langsung transaksi.
Dari mitra usaha batik puspa kencana, Ardi Eksanusi mengaku cukup terbantu dengan pendampingan program dari Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa. Kendati , pihaknya sudah memiliki website untuk pemasaran namun belum optimal dan pembukuan yang belum sempurna. Pelatihan ini sangat membantu sekali dan bisa memudahkan dalam pengeloaan usaha serta dapat memajukan usaha.