The Global Entrepreneur University
  • image descriptionEng
  • image descriptionEng
  • image descriptionEng

Target Sukses PKM dan Go Pimnas : BEM Universitas Duta Bangsa Surakarta Melaksanakan Webinar Nasional Proposal Writing and Critical Thinking

Mengusung tema “Tips dan Trik Sukses Lolos PKM sampai Go PIMNAS” Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Duta Bangsa Surakarta sukses melaksanakan acara yang dihadiri oleh kurang lebih 400 peserta mahasiswa yang terdiri dari berbagai universitas negeri dan swasta dengan menggunakan media Zoom Meeting. Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Duta Bangsa Surakarta (UDB) menjadi penyelenggara kegiatan Webinar Nasional ini, yang mana acara ini adalah acara webinar pertama dari Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Duta Bangsa Surakarta (UDB).

Rizqa Shafira Azzahro (Bidang Pengembangan Softskill Dan Nalar Mahasiswa), selaku ketua pelaksana menyampaikan tujuan acara ini adalah untuk meningkatkan semangat dalam menciptakan prestasi dengan berpartisipasi dalam kegiatan Program Kreatifitas Mahasiswa yang mana merupakan ajang bergengsi yang selalu dinantikan mahasiswa di seluruh Indonesia. Sementara itu, Kepala Bagian Kemahasiswaan Universitas Duta Bangsa Surakarta, Aris Ocktavian Wannay, A.md.kes sangat mendukung acara ini dengan harapan mahasiswa dapat lebih semangat dalam menumbuhkan jiwa kompetisi dan bisa saling bertukar pikiran sehingga mampu memberikan motivasi satu sama lain antar mahasiswa.

Pembicara dalam kegiatan Webinar Nasional ini dihadirkan untuk memaparkan tips dan trik sukses lolos PKM sampai dengan PIMNAS. Pembicara yakni Al Ustadz Mochamad Nuruz Zaman, S.pd.,M.Li. (Finalis PIMNAS 2014 PKM-M dan Finalis PIMNAS 2015 PKM-P) memaparkan Bidang dan Muara Kegiatan PKM hingga Tips Menghadapi PIMNAS. Beliau menyampaikan bidang bidang dalam PKM yaitu PKM-Kewirausahaan, PKM-Pengabdian Masyarakat, PKM-Teknologi, PKM-Karsa Cipta, PKM-Gagasan Tertulis, PKM-Gagasan Futuristik, PKM-Penelitian, PKM-Artikel Ilmiah. Kiat agar lolos PKM yang disampaikan adalah 1. Proposal harus lengkap dan sesuai dengan format; 2. Gunakan bahasa yang mudah dipahami, karena kemungkinan proposal akan dinilai oleh reviewer dari background yang berbeda; 3. Ada benang merah (hubungan/korelasi) antara Judul, Latar Belakang, Perumusan Masalah, Tinjauan pustaka, Metode Pelaksanaan Program dan Target Luaran; 4. Manfaat yang jelas baik bagi mahasiswa maupun masyarakat; 5. Terlihat adanya kerjasama tim yang baik, kalau bisa dirinci dalam proposal (terlihat di Lampiran); 6. Adanya kesesuaian biaya dan target luaran, kalau bisa biaya dirinci secara detail. Hal terpenting yang harus diperhatikan agar bisa lolos PKM adalah dengan membaca buku panduan & memperhatikan sistematika penulisan sesuai skema PKM masing-masing. Setelah kegiatan PKM mendapatkan pendanaan Tindakan yang harus dilakukan adalah harus dikerjakan dengan target selesai, dikembangkan untuk program yang lebih besar, dikerjakan dengan target lolos pimnas, dikerjakan dengan target juara pimnas. Pembicara menyampaikan sumber ide yang dapat diterapkan untuk mendapatkan ide yang menarik dalam PKM adalah Kerja Praktek, KKN, PPL, Magang, Kewirausahaan, Tugas Kuliah (Mini Research). Pertimbangan dalam menetapkan ide yaitu bermanfaat, mempunyai kemampuan, menarik, data bisa diperoleh, memberikan inovasi, spesifik.

Jalannya panel ini dimoderatori oleh Velinda Febriana (Sekretaris Umum BEM UDB) dengan semangat. Dari pemaparan pembicara tersebut, semua peserta webinar Nasional diharapkan memiliki jiwa kompetitif dan mampu lolos PKM sampai dengan PIMNAS. Kegiatan PKM merupakan puncak acara kegiatan akademik yang sangat bergengsi untuk mahasiswa Indonesia, sehingga budaya kompetisi dan berbagi harus dijunjung tinggi di masing-masing pengelola perguruan tinggi.


Berita Lain