Prodi S1 Hukum Adakan Peningkatan Pemahaman Mengenai Penanganan Kasus Peradilan Melalui Kuliah Lapangan

  • Kategori: Berita Universitas
  • Tanggal: 20 Desember 2022
Kegiatan kuliah lapangan yang bertema tentang Penanganan Kasus Peradilan di Pengadilan Agama Dan Problematiknya yang dilaksanakan di Kantor Pengadilan Agama Sukoharjo pada tanggal 19 Desember 2022 pukul 08.00 - 11.30 telah dilakukan dengan lancar dan hikmat. Kegiatan ini diawali dengan kata sambutan oleh Panitera Muda Gugatan Tiga Bapak Yusron Trisno Aji, S.Sy.,M.H.Kegiatan Kuliah Lapangan ini diketuai oleh Bapak Kaprodi Aris Prio Agus Santoso,SH.MH bersama para dosen pembimbing lainnya, Bapak Falah Al Ghozali,SH.MH dan Ibu Normalita Destyarini, SH.MH. Kegiatan dalam kuliah lapangan ini membahas mengenai Pemahaman Tentang Penanganan Kasus Peradilan di Pengadilan Agama dan Problematikanya yang disampaikan oleh Hakim Bapak Acep Sugiri, S.Ag.M.Ag.


Diskusi pembahasan diawali dengan sejarah Pengadilan Agama dari Peradilan Agama pada masa Penjajahan Belanda,masa Penjajahan Jepang,masa awal Kemerdekaan hingga Peradilan Agama sejak tahun 1974 Melalui Undang-undang Pokok Kekuasaan Kehakiman RI, No.14/1970, memberikan kedudukan Peradilan Agama sejajar dengan Pengadilan yang lain sebagai lembaga kekuasaan Negara yang menyelenggarakan peradilan. Setelah penyampaian materi mengenai Sejarah dan inovasi Pengadilan Agama, sesi diskusi diakhiri dengan sesi tanya jawab yang dibagi menjadi 3 sesi dengan 3 penanya disetiap sesinya. Setelah sesi diskusi ini berakhir dilanjutkan dengan melihat langsung proses jalannya persidangan diruang sidang,mahasiswa sangat antusias dan memperhatikan jalannya sidang saat berlangsung. 


Setelah selesai persidangan Hakim Ketua memberi beberapa sesi pertanyaan bagi mahasiswa/mahasiswi yang masih bingung terkait persidangan tersebut.Jawaban beliau atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dapat menjawab rasa penasaran bagi para Mahasiswa. Program Kuliah Lapangan yang dilaksanakan hari ini diharapkan dapat menambah ilmu dan wawasan yang baru bagi Mahasiswa/Mahasiswi Universitas Duta Bangsa Surakarta. Rektor, Kaprodi, para Dosen Pembimbing serta Mahasiswa/Mahasiswi Prodi S-1 Hukum Fakultas Hukum dan Bisnis mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Kantor Pengadilan Agama Sukoharjo yang telah memfasilitasi sehingga terlaksananya kegiatan Kuliah Lapangan pada hari ini.



Berita Lain