Prodi S1 Keperawatan UDB Surakarta Gelar Lokakarya Peningkatan Inovasi Pembelajaran

  • Kategori: Berita Universitas
  • Tanggal: 02 Agustus 2024
Program Studi S1 Keperawatan Universitas Duta Bangsa Surakarta, menyelenggarakan Lokakarya Peningkatan Inovasi Pembelajaran Dengan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan keunggulan Prodi S1 Keperawatan di Bidang Keperawatan Penyakit Kronik. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 12 - 13 Juli 2024, bertempat di Hotel Solo Grand City Surakarta.


Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi dosen untuk menyusun modul PJBL. “Buku Panduan Implementasi Project Based Learning” untuk menyesuaikan dan mengukur efektivitas pelaksanaan PjBL Untuk Meningkatkan Keunggulan Prodi S1 Keperawatan di bidang Keperawatan Penyakit KronikDengan adanya buku panduan implementasi PjBL, dapat memastikan bahwa setiap matakuliah yang menerapkan PJBL memiliki standar yang sama, sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dan memudahkan evaluasi oleh dosen dan mahasiswa. Panduan juga dapat membantu dalam mengidentifikasi dan mengatasi kendala atau hambatan dalam implementasi PjBL, serta memperjelas peran dan tanggung jawab dosen dan mahasiswa dalam proses pembelajaran.


Selain itu, dengan adanya panduan implementasi PjBL, Program Studi dapat memastikan bahwa PjBL diaplikasikan secara konsisten dan efektif pada mata kuliah, sehingga dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa untuk menghadapi tantangan dan kebutuhan industri di masa depan. Tujuan utama dari lokakarya adalah diharapkan dapat meningkatkan implementasi PjBL dalam pembelajaran di Bidang Keperawatan Penyakit Kronik pada Program Studi S1 Keperawatan.  Output  lokakarya adalah:
  1. Peningkatan kompetensi dosen dalam pengembangan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di Bidang Keperawatan Penyakit Kronik pada Program Studi S1 Keperawatan
  2. Draft Proposal Inovasi Pembelajaran di Bidang Keperawatan Penyakit Kronik pada Program Studi S1 Keperawatan
  3. Buku Panduan Implementasi Project Based Learning di Bidang Keperawatan Penyakit Kronik pada Program Studi S1 Keperawatan


Metode yang dilakukan dengan ceramah, diskusi, penyusunan proposal inovasi pembelajaran, dan penyusunan panduan Implementasi Project Based Learning (PjBL) di Bidang Keperawatan Penyakit Kronik pada Program Studi S1 Keperawatan.  Narasumber dalam lokakarya ini adalah Prof. Erna Rochmawati, M,NSc., M.Med. Ed, Ph,D dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan ibu Dr. Ns., Siti Nurlaelah, M.Kep., Sp.KMB perwakilan dari DPW Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) DKI Jakarta.


Peserta lokakarya sejumlah 27 peserta terdiri dari: Internal Universitas Duta Bangsa Surakarta 20 orang, Perguruan Tinggi lingkungan sekitar ada 5 orang yaitu dosen Politeknik Indonusa dan Polsapa Surakarta dan DUDI yang hadir adalah Ibu Yanti dari RSU Indriati Solobaru, dan Bapak Agus Setiawan perwakilan RSUD Ir. Soekarno Sukoharjo sekaligus Ketua PPNI Kabupaten Sukoharjo.



Berita Lain