Prodi Teknik Informatika Fokus Wujudkan Keunggulan Di Bidang Internet of Things

  • Kategori: Berita Universitas
  • Tanggal: 14 September 2022
Melalui program hibah Bantuan Program Kompetisi-Kampus Merdeka, Program Studi Teknik Informatika Universitas Duta Bangsa atau UDB Solo mengembangkan keunggulan di bidang IoT. Internet of things atau sering disebut dengan IoT saat ini mengalami banyak perkembangan dan diimplementasikan di banyak sektor. “IoT selama ini belum dimanfaatkan secara maksimal, bukan hanya karena keterbatasan alat dan bahan, namun juga masih minimnya human resource pada bidang IoT. Oleh sebab itu Universitas Duta Bangsa Solo melihat peluang tersebut untuk dapat kami kembangkan dan kami salurkan kepada para mahasiswa,” tutur Rektor Universitas Duta Bangsa Solo, Dr. Singggih Purnomo, M.M. 

Sebagai ujung tombak tercapainya keunggulan Prodi Teknik Informatika UDB Solo, lima dosen telah ditugaskan untuk mengikuti pelatihan dan sertifikasi kompetensi BNSP pada bidang IoT pada 4-10 September 2022. Untuk menjaga integritas dan kualitas ilmu bidang IoT, Universitas Duta Bangsa Solo bekerja sama dengan Floatway System dan LSP Teknologi Digital sebagai pelaksana kegiatan pelatihan dosen. Kegiatan dilakukan selama 6 hari pada 5-10 September 2022 di Hotel All Nite & Day Yogyakarta. 

Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Wijiyanto, S.Kom, M.Pd, M.Kom. , juga menyatakan bahwa kesadaran tentang optimasi IoT masih terbatas. IoT bukanlah sekadar perangkat yang terhubung ke Internet, optimasi IoT khususnya pada smart city dapat meningkatkan perekonomian dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan hasil pengolahan dan analisa data yang ditangkap oleh teknologi digital IoT. 

Oleh sebab itu, Teknik Informatika UDB Solo sekarang dan ke depannya akan terus berupaya mengembangkan diri pada keunggulan prodi di bidang IoT. “Kekhasan prodi dengan Smart IoT tidak hanya kami junjung sebagai literasi, namun lulusan kami mampu mengimplementasikan IoT di kota Anda. Ahli IOT? UDB tempatnya. Smart city for better Society,” ungkap Kaprodi Teknik Informatika, Joni Maulindar, S.Kom., M.Eng.



Berita Lain