The Global Entrepreneur University

Program Studi S1 Sistem Informasi Menyelenggarakan Webinar Machine Learning and Data Analytics in Pandemic Era

Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML) menjadi materi yang sangat dibutuhkan untuk berbagai lini industri. Mulai dari industri teknologi untuk membantu mengambil keputusan, industri media untuk memberikan insight dan rekomendasi, bahkan industri pertanian juga mulai terbantu dengan adanya AI dan ML. Selain itu, AI dan ML juga dapat membantu dalam mitigasi prediksi bencana untuk kegiatan sosial.


Perputaran informasi yang cukup pesat di era yang serba digital seperti sekarang ini kemudian memungkinkan bagi anak – anak untuk dapat mempelajari artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML). Bahkan sekelas IBM, Microsoft, dan Google juga memberikan kursus terkait dua bidang tersebut bagi anak – anak. Hal ini dikarenakan mereka menyadari bahwaAI dan ML lebih baik dipelajari sejak dini agar anak-anak lebih siap menghadapi masa depan.


Data Analytics (DA) merupakan proses inspeksi serangkaian data yang berguna untuk mendapatkan kesimpulan dari informasi yang ada dan meningkatkan sistem pada software. Teknologi data analytics dan teknik digunakan di industri komersial yang memudahkan perusahaan mendapatkan hasil akhir yang lebih baik dan akurat.

Secara istilah, data analytics diartikan sebagai rangkaian aplikasi mulai dari Basic Business Intelligence (BI), Reporting and Online Analytical Processing (OLAP) dan beberapa fitur analytic yang lebih canggih. Dari pemahaman tersebut, DA dapat diartikan sebagai proses sederhana bisnis analytics, istilah umum lainnya yang mendekati dengan data analisis dengan orientasi bagi pengguna bisnis, di mana data analytics memiliki fokus yang lebih luas.


Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Duta Bangsa Surakarta sedang berkonsentrasi pada ulmu Data Science oleh karena itu pengetahuan mengenai machine learning an data analitycs menjadi sangat penting untuk mempelajari data science. Program studi Sistem Informasi mengadakan webinar dengan tema Machine Learning and data analytics in Pandemic Era dengan Pembicara 1 Merlinda Wibowo, S.T., M.Phil dari Institut Teknologi Telkom Purwokerto dan pembicara 2 Wiji Lestari, M.Kom Dosen Universitas Duta Bangsa Surakarta serta Moderator Nurmalitasari, S.Si., M.Pd. Semoga dengan webinar ini dapat memberikan tambahan wawasan dan pengetahun kepada mahasiswa mengenai machine learning dan data analitycs. Segenap panitia mengucapkan banyak terimakasih kepada Narasumber dan Peserta Webinar yang telah antusias mengikuti acara tersebut.