UDB Mempersiapkan Mahasiswa Menjadi Ilmuan Data Melalui Seminar Nasional Data Science

  • Kategori: Berita Universitas
  • Tanggal: 10 Agustus 2022
Data Science keahlian yang sangat penting pada era teknologi informasi, dengan melakukan pengolahan data. Keahlian yang dimiliki adalah keahlian menganalisis, memvisualisasikan dan mengolah data, dapat membantu perusahaan untuk perbaikan proses dalam pengambilan keputusan. Tren perkembangan teknologi informasi yang menjadi pendorong utama revolusi industry 4.0 maka pekerjaan dan profesi dimasa depan dijamin akan terus berubah, akan tetapi pemanfaatan data akan selalu ada diberbagai aspek bisnis dan kehidupan, maka dengan mempelajari data science akan mempersiapkan diri terhadap trend teknologi masa depan. 


Berdasarkan hasil riset Mc Kinsey & Company pada tahun 2018 diperkirakan ada kebutuhan 140.000 – 190.000 data scientist yang harus dipenuhi ditingkat global, sehingga pekerjaan data scientist mengalami peningkatan 6,5 kali lipat daripada 5 tahun sebelumnya.  Sehubungan dengan hal tersebut maka diperlukan kompetensi mahasiswa dan lulusan di bidang data science. Oleh sebab itu, Program Studi S1 Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Duta Bangsa Surakarta mengadakan kegiatan Seminar Nasional Data Science dengan tema “Optimasi Data Science dalam Mendukung Bisnis di Era Digital”. 


Dalam seminar nasional ini, menghadirkan 2 narasumber, yaitu Prof. Dr. Adiwijaya, S.Si, M.Si pakar data science dari Universitas Telkom Bandung, dan Bethea Zia Davida data scientist dari Gojek Indonesia. Adapun Prof. Dr. Adiwijaya, S.Si, M.Si menyampaikan topik tentang motivasi untuk digital talent (data scientist) dan digital ekonomi, sedangkan Bethea Zia Davida menyampaikan topik tentang penerapan data science di Gojek Indonesia. Seminar ini diikuti oleh 200 mahasiswa Program Studi S1 Sistem Informasi, dan diselenggarakan di Solia Zigna Hotel Laweyan Surakarta. Seminar ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas Duta Bangsa Surakarta Bapak Dr. Singgih Purnomo, MM. Para peserta seminar sangat antusias mengikuti seminar ini, dilihat dari banyaknya pertanyaan diskusi yang ditanyakan oleh mahasiswa.


Seminar ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Program Kompetisi-Kampus Merdeka (PK-KM) tahun 2022. Setelah mengikuti seminar nasional ini, diharapkan peserta memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang data science yang dapat digunakan sebagai bekal mahasiswa untuk menganalisis data-data secara akurat di dunia bisnis. Setelah acara ini, akan dilakukan seleksi peserta untuk mengikuti workshop pemrograman Data Science. Hasil dari kegiatan workshop tersebut adalah mengirimkan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan magang selama 1 semester yang akan dikonversi ke dalam 20 sks.



Berita Lain