UDB Surakarta Adakan Pembekalan Materi Packaging UMKM Bagi Mahasiswa KKN Tematik Periode Ke-4

  • Kategori: Berita Universitas
  • Tanggal: 04 Desember 2023
Kamis, 30 November 2023, Universitas Duta Bangsa Surakarta menggelar kegiatan pembekalan materi mengenai packaging untuk UMKM. Pembekalan tersebut dihadiri sekitar 60 mahasiswa sebagai perwakilan pada tiap kelompok dari total 495 mahasiswa yang diterjunkan  di lokasi KKN Tematik. Sebanyak mahasiswa dikenalkan seputar materi mengenai desain kemasan yang maksimal dan efektif untuk memperkuat branding produk dan usaha UMKM dan materi pendukung lainnya.

Materi pembekalan tersebut memiliki tema "Mengemas Desain Kemasan Untuk UMKM" dengan menghadirkan narasumber selaku dosen Program Studi DKV FSRD ISI Surakarta yakni Basnendar Herry Prilosadoso, S.Sn., M.Ds yang juga merupakan CO Founder Komunikotavisual. Beberapa mahasiswa dari berbagai fakultas seperti Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Hukum dan Bisnis tampak sangat antusias dalam menerima materi yang disampaikan dengan interaktif bertanya diskusi seputar permasalahan kemasan, penempatan logo, merek, pemilihan warna dan jenis font yang sesuai dengan karakteristik produk dan segmentasinya.


Selain mendapatkan materi berupa teori, mahasiswa juga diajak untuk melakukan simulasi merancang mulai dari berupa tagline, warna kemasan, dan aspek desain kemasan dari produk lokal hasil observasi awal di lokasi KKN Tematik dengan 30 desa di Kabupaten Wonogiri yakni daerah Kecamatan Eromoko dan Pracimantoro, dimana pelaksanaan KKN Tematik yakni pada tanggal 5 Desember 2023 sampai 18 Januari 2024. 

Basnendar Herry Prilosadoso mengatakan melalui pembekalan ini bahwa harapan terlaksana kegiatan tersebut mahasiswa mampu mendampingi sekaligus memberi solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh UMKM yang ada pada desa dalam meningkatkan aspek penjualan dan promosi produk kedepannya.



Berita Lain