UDB Surakarta dan APTISI Komisariat II Surakarta Mendirikan Indonesian Corner di Ho Chi Minh City, Vietnam

  • Kategori: Berita Universitas
  • Tanggal: 23 Februari 2023
Pada 7 Februari 2023, bertempat di Van Hien University, Ho Chi Minh City, Konsulat Jenderal RI di Ho Chi Minh City, Agustaviano Sofjan menyaksikan peresmian Indonesian Corner, sebuah sarana untuk mempromosikan bahasa dan budaya Indonesia. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi merealisasikan Indonesian Corner. Beliau juga berharap agar melalui Indonesian Corner, kaum muda Vietnam dapat semakin mengenal tentang Indonesia. Acara ini dihadiri oleh Dr. Rina Arum, wakil rektor III Universitas Duta Bangsa Surakarta, yang mewakili APTISI Komisariat II Surakarta. Dr. Rina Arum menyampaikan bahwa peluncuran Indonesia Corner ini merupakan langkah awal yang baik untuk meningkatkan kerja sama yang lebih luas lagi agar dapat memberikan manfaat bagi semua pihak.


Pendirian Indonesian Corner di Ho Chi Minh City merupakan salah satu implementasi bentuk kerja sama yang saling mendukung antara Vietnam dan Indonesia dalam sektor pendidikan sekaligus promosi budaya. Indonesian Corner diisi oleh berbagai buku tentang Indonesia, barang-barang kebudayaan seperti wayang kulit, topeng tradisional, hingga pakaian adat yang diberikan oleh APTISI (Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia) Komisariat II Surakarta. Kedatangan wakil APTISI dari Komite Surakarta kali ini dipimpin langsung oleh Dr. Rina Arum Prastyanti, Wakil Rektor III Universitas Duta Bangsa Surakarta beserta tim.

Dr. Duc, Rektor Van Hien University, menyampaikan apresiasi kepada KJRI dan APTISI Komisariat II Surakarta yang telah merealisasikan berdirinya Indonesia Corner. Indonesia merupakan salah satu negara pertama dari ASEAN yang memiliki tempat khusus di universitas tersebut. Indonesian Corner menjadi bukti kuat kolaborasi antara institusi pendidikan di Vietnam dan Indonesia, diharapkan kedepannya kerja sama yang baik ini dapat diisi dengan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan dosen maupun mahasiswa.


Pada kesempatan yang sama telah dilaksanakan pula penandatanganan MoU antara Van Hien University dengan 15 universitas anggota APTISI Komisariat II Surakarta, salah satunya yaitu dengan Universitas Duta Bangsa Surakarta. Penandatanganan MoU disaksikan oleh Konsulat Jenderal RI di Ho Chi Minh City dan Ketua Asosiasi Persahabatan Indonesia-Vietnam. Melalui penandatangan MoU, diharapkan akan terjalin kerja sama resmi antar universitas di Indonesia, khususnya APTISI (Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia) Komisariat II Surakarta dan Van Hien University dalam hal pertukaran dosen dan mahasiswa serta riset dan publikasi ilmiah yang akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.

Selain itu, Konjen RI Agustaviano juga mengatakan bahwa pada tahun 2023, Indonesia memegang kepemimpinan ASEAN, yang bertema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth. Dengan adanya pendirian Studi ASEAN dan Indonesia Corner pada Van Hien University akan memperkuat landasan people-to-people connectivity antara kedua negara, yaitu Indonesia-Vietnam serta kerja sama ASEAN juga dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat dari masing-masing negara.



Berita Lain