The Global Entrepreneur University

20 Mahasiswa Asing Ikuti Techno Culture Summer Camp Program 2018 di Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa Surakarta

Dalam rangka meningkatkan kerja sama internasional antar perguruan tinggi dan upaya untuk masuk dalam daftar kampus kelas dunia atau world class university, Unit Kerja Sama Internasional Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa  Surakarta akan menyelenggarakan kegiatan Summer Camp. Kegiatan ini melibatkan mahasiswa yang berasal dari negera Indonesia, Malaysia, Thailand, Taiwan, Laos, dan Filipina.

Berbeda dengan kegiatan Summer Camp yang diselenggarakan kampus, baik di dalam maupun luar negeri yang berbasis bahasa dan budaya, Kegiatan yang mengusung tema Techno Culture Summer Camp ini menekankan pada pembuatan teknologi web. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 1 Juli 2018 sampai dengan 14 Juli 2018 yang bertempat di wilayah kampus Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa Surakarta. Bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan, antara lain berupa workshop pembuatan web, praktik memasak makanan dan pembuatan batik, pengenalan budaya Surakarta.
Peserta asing yang hadir dalam kegiatan ini yang terdiri atas mahasiswa Universiti Sains Malaysia, Erican Collage Malaysia, UNIKL Malaysia, Cheng Shiu University Taiwan, University of Laos, Huachiew Chalermprakiet University Thailand, Lyceum of the Philippines University Filipina, dan Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa Surakarta Indonesia.
Techno Culture Summer Camp 2018 diawali dengan acara Welcome Ceremony yang dibuka oleh Drs. Singgih Purnomo, M.M., selaku Ketua Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa pada tanggal 2 Juli tersebut disambut antusias oleh peserta Techno Culture Summer Camp 2018 baik dari mahasiswa  Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa maupun mahasiswa asing. 

Suasana menjadi lebih cair ketika Dr. Rina Arum Prastianti, Kepala Unit Kerjasama Internasional Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa sekaligus sebagai ketua panitia mengajak dialog dengan para peserta. Mereka begitu semangat untuk berdialog, tanpa menampakkan kelelahan meskipun mereka baru tiba di Indonesia semalam. 

Suasana semakin cair dan fun ketika mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dari UKMS Estetika dengan ramah mengajak bernyanyi bersama para peserta. “Emang lagi syantik ….” Lirik lagu Lagi Syantik yang dinyanyikan oleh salah satu peserta dari Malaysia membuat peserta yang lain serempak membaur ke panggung untuk berjoget bersama.
Acara Welcome Ceremony kembali hening ketika peserta asing mendengarkan suara gamelan. Dan segera berdiri dari tempat duduknya untuk mengabadikan momen ketika penari Gambyong menuju panggung. Mereka terus mengamati gerak gerik penari sambil melakukan gerak spontan mengikuti iringan gamelan. Para peserta segera meminta foto bersama dengan para penari dari UKMS Estetika.
Welcome Ceremony diakhiri dengan berfoto bersama segenap peserta dan panitia. Gurat wajah gembira masih tampak pada para peserta dengan berakhirnya kegiatan tersebut. Kegiatan yang akan selalu dikenang oleh peserta asing dan tentu juga bermanfaat bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa.

Berita Lain