Indonesian Medical Record Competition dan International Seminar of Health Information Manajemen

  • Kategori: Berita Universitas
  • Tanggal: 04 Mei 2021
Serangkaian kegiatan dilaksanakan oleh Prodi D3 Rekam Medik dan Informasi Kesehatan Universitas Duta Bangsa Surakarta yang dimulai dari hari Sabtu (10/04) Workshop online, yang dilanjutkan lomba tingkat nasional IMRC ke-5 (5th Indonesian Medical Record Competition) pada hari Minggu (11/04) dan ditutup Sabtu (17/04) dengan kegiatan seminar internasional ISoHIM (International Seminar of Health Information Manajemen).


Workshop online bertemakan “Sertifikasi dan Klasifikasi (Koding) Covid-19 Sebagai Sebab Kematian Serta Penyelesaian Problematika Klaim Covid-19” dilaksanakan pada hari Sabtu (10/04) yang di ikuti 56 peserta dari mahasiswa rekam medik, alumni, institusi pendidikan dan praktisi rumah sakit. kegiatan dimulai pukul 08.30 WIB dengan di buka oleh Ibu Warsi Maryati, S.KM., MPH Dekan prodi D3 Rekam Medik dan Informasi Kesehatan.
Workshop online menghadirkan pembicara yang pakar dalam bidang nya. Pembicara pertama Andi Ashar merupakan Asisten Deputi Bidang Utilisasi dan Anti Fraud Rujukan membahas tentang “Sertifikasi dan Klasifikasi (Koding) Covid-19 Sebagai Sebab Kematian Serta Penyelesaian Problematika Klaim Covid-19” sedang pembicara kedua Bapak Eman Sulaeman A.Md.Perkes, S.KM., M.Kes membahas topic “Optimalisasi Peran PMIK dalam Sistem Vklaim BPJS di Masa Pandemi Covid-19”. Setelah pemaparan materi dilanjutkan diskusi dan Tanya jawab oleh peserta. Workshop online berakhir pukul 12.30 WIB.


IMRC ke-5 (5th Indonesian Medical Record Competition) dilaksanakan pada hari Minggu (11/04) yang diikuti oleh Sembilan belas instansi pendidikan yang memiliki prodi D3 Rekam medik dan D4/SI Manajemen Informasi Kesehatan dari 9 Provinsi di Indonesia. Lomba diawali dengan babak penyisihan pada hari Kamis (08/04) dengan enam kategori lomba antara lain Pemrograman Rekam Medis, Desain Formulir Elektronik, Coding, Statistik Rumah Sakit, Manajemen Unit Kerja dan Cerdas Cermat. Pembuatan soal babak penyisihan dengan bekerjasama dengan APTIRMIKI sehingga kerahasiaan soal terjamin.
Semifinal lomba 5th Indonesian Medical Record Competition dilaksanakan pada hari Minggu (11/04) pukul 08.30 WIB. Dewan juri semifinal yaitu tim DPD Pormiki Jawa Tengah yang diketua oleh Bapak Roni Rohman, A.Md.PK. Pelaksanaan semifinal kategori Coding, Statistik Rumah Sakit dan Manajemen Unit Kerja dengan mengerjakan soal tertulis studi kasus. Kategori Desain Formulir Elektronik dan pemrograman rekam medis dengan presentasi hasil karya. Sedangkan untuk kategori cerdas cermat dengan menjawab soal wajib, benar salah dan rebutan jawab pendek.
Final lomba 5th Indonesian Medical Record Competition dimulai pukul 13.00 WIB. Lomba babak final berlangsung hingga pukul 15.00 WIB. Babak final diperoleh Juara 1 2 dan 3 dari masing-masing kategori. Pengumuman pemenang akan disampaikan Sabtu (17/04) pada acara ISoHIM. Peserta dari sepuluh instansi pendidikan berhasil meraih juara dan berhak mendapatkan free ticket untuk bisa mengikuti kegiatan ISoHIM.
Kegiatan seminar internasional ISoHIM (International Seminar of Health Information Manajemen) pada hari Sabtu (17/04) menjadi kegiatan penutup yang diselenggarakan oleh Prodi D3 Rekam Medik dan Informasi Kesehatan Universitas Duta Bangsa Surakarta. ISoHIM ini merupakan acara seminar internasional yang pertama kali diselenggarakan oleh Prodi D3 Rekam Medik dan Informasi Kesehatan Duta Bangsa Surakarta dengan jumlah peserta kurang lebih 1300 peserta dari kategori Mahasiswa, Alumni dan Umum.
Kegiatan ISoHIM dengan tema Reinforcement Health Information System During the Covid-19 Pandemic dimulai pukul 08.00 WIB dengan dibuka oleh rektor Universitas Duta Bangsa Surakarta Bapak Dr. H. Singgih Purnomo, MM. yang dilanjutkan pemaparan materi dari ke empat pembicara dengan moderator Ibu Ratini Setyowati, S.Pd., M.A.


Pembicara pertama Bapak Teddy Hidayat, A.md.Perkes, S.ST.RMIK., MMRS merupakan ketua DPP Pormiki Indonesia membahas Strengthening PMIK's Competence in Information Technology in the Covid-19 Pandemic Era. Pembicara kedua Prof. Dr. Sharulniza Musa dari Universitas Kuala Lumpur Malaysia dengan sub tema Telemedicine implementation to support the Medical Data and Information Recording system in the Pandemic Era. Pembicara ketiga Roderick M Napulan dari Philippine Assosiation of health record and information management Officers dengan pembahasan Protection of security and confidentiality data in Health Information System of Covid-19 Patient. Pembicara keempat Ibu Warsi Maryati, S.KM., MPH selaku Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Duta Bangsa Surakarta dengan pembahasan tentang RMIK Learning Strategies for Improving Student Competence during the Covid-19 Pandemic. 
Penyampaian materi dari keempat pembicara berakhir pukul 13.00 WIB dan dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba IMRC dan ditutup oleh MC Hesty Latifa Noor, A.Md.RMIK., S.KM pukul 13.30 WIB.


 

Serangkaian kegiatan Prodi D3 Rekam Medik dan Informasi Kesehatan Universitas Duta Bangsa Surakarta tidak lepas dari dukungan berbagai pihak yaitu Bapak Drs. H. Singgih Purnomo, MM (selaku Rektor), Bapak Tominanto, S.Kom., M.Cs (Selaku Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama), Ibu Warsi Maryati, S.KM., MPH (selaku Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan), Ibu Linda Widyaningrum, S.KM., MPH (Selaku Ketua Prodi D3 Rekam Medik dan Informasi Kesehatan), Ibu Eni Nur Rahmawati, A.Md.RMIK., S.KM (Selaku ketua IMRC), Bapak Anton Susanto, A.Md.RMIK., S.KM (Selaku Ketua Workshop online) Panitia Mahasiswa HMP dan seluruh panitia yang luar biasa. Semoga dengan adanya serangkaian kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan wawasan ilmu walau dimasa pandemic Covid-19.


Berita Lain