The Global Entrepreneur University

Pelatihan Perdana Kelas Kewirausahaan Universitas Duta Bangsa Surakarta

Selasa, 7 maret 2019, di Aula FIKES Universitas Duta Bangsa dilaksanakan Pelatihan Kewirausahaan Gelombang 2. Kegiatan pelatihan terdiri dari 8 pertemuan, dan dimulai setelah kegiatan UTS tahun akademik 2018/2019. Pelatihan perdana kewirausahaan Gelombang 2, khusus diikuti oleh mahasiswa-mahasiswi prodi Teknik Informatika Fikom, RMIK dan Kebidanan Fikes, yang semuanya angkatan 2016.
Pelatihan perdana kewirausahaan gelombang 2, dengan pembicara Rektor Univerisitas Duta Bangsa Surakarta, Bapak Drs. H. Singgih Purnomo, M.M.. Beliau menyampaikan materi terkait motivasi usaha, belief system dan kiat bagaimana memulai usaha. Motivasi usaha menjadi bagian penting dalam diri seseorang untuk merintis usaha. Perubahan mindset pegawai dan karyawan bagi mahasiswa Fikom dan Fikes, seharusnya mulai dikikis, dengan berpikir kritis mencoba peluang menjadi wirausaha.

Menurut Bapak Singgih Purnomo, M.M., gaya hidup masyarakat era millennial berbeda jauh dengan generasi sebelumnya. Tingkat penghasilan mempengaruhi bagaimana membentuk lingkungan ekonomi yang berbeda. Sehingga, peran wirausaha sangat diperlukan untuk menghadapi peluang usaha strategis. Misalnya, bidang kuliner, teknologi informasi, pelayanan jasa kesehatan, pariwisata dan sebagainya. Inovasi, kreativitas dan kemandirian menjadi tanggung jawab bagi wirausaha untuk bersaing dengan berbagai usaha lain. 

Kegiatan di Aula Fikes tersebut dibagi menjadi dua sesi. Sesi 1 berlangsung dari jam 08.00 – 10.00, sesi 2, jam 10.00-12.00. Didampingi dua  Dosen dari Tim Kewirausahaan, Ibu Indah Wahyu Utami, S.T., M.Si., dan Ibu Indra Hastuti, S.E., M.Si., M.M., kegiatan berjalan lancar. Di akhir sesi, diadakan foto bersama dengan Pak Rektor sekaligus pengumuman terkait jadwal pelatihan kewirausahaan.