The Global Entrepreneur University

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tingkat Universitas Duta Bangsa Surakarta Program Sarjana Dan Diploma Tahun 2021

Kehadiran pengembangan teknologi yang demikian cepat mendorong para lulusan untuk mampu beradaptasi dengan perubahan, bersemangat untuk belajar sepanjang hayat, dan memiliki kepedulian terhadap pembangunan yang berkelanjutan. Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mendorong mahasiswa untuk tidak hanya unggul dalam akademik, namun juga menjadi individu yang kreatif, inovatif, berdaya saing tinggi, dan berkarakter. Salah satu program yang berkaitan dengan tugas tersebut adalah Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres). Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tahun 2021 dibagi menjadi dua jenjang yaitu jenjang Sarjana dan Diploma. Bidang Kemahasiswaan berkeyakinan banyak Mahasiswa Universitas Duta Bangsa Surakarta yang berkompeten untuk mengikuti Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tahun 2021. Mahasiswa berprestasi dari Universitas Duta Bangsa Surakarta diharapkan mampu mengembangkan potensi dirinya supaya lebih berkembang dan mampu berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia di masa mendatang.


Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) yang masih dalam kondisi pandemi Covid-19 ini tetap berjalan lancar walaupun dilakukan dengan luring terbatas. Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat Universitas Duta Bangsa Surakarta, memiliki 15 peserta dari masing – masing program studi di Universitas Duta Bangsa, yang sebelumnya sudah mengikuti seleksi PILMAPRES pada masing – masing Fakultas. PILMAPRES tingkat Universitas Duta Bangsa Surakarta yang diadakan pada tanggal 4 Juni 2021 dinilai oleh 3 dewan juri, yaitu Ibu Faulinda Ely Nastiti, S.Kom., M.Eng., Ibu Damay Rahmawati., S.Pd., M.A., dan Ibu Dr. Ratna Susanti., M.Pd. Sebelumnya para peserta mengirimkan berkas persyaratan serta Karya Tulis Ilmiah, yang kemudian Karya Tulis Ilmiah tersebut telah dikirimkan kepada dewan juri sebelum kegiatan pemilihan mahasiswa berprestasi dimulai, sehingga Karya Tulis Ilmiah sudah dinilai terlebih dahulu oleh para dewan juri, yang kemudian di presentasikan oleh para peserta pada hari perlaksanaan PILMAPRES.
Agenda pada hari Jum’at tanggal 4 Juni 2021 yaitu pelaksanaan Presentasi dan Tanya jawab sehubungan dengan karya tulis ilmiah yang sudah dibuat oleh para peserta, dan juga dilakukan Tanya jawab menggunakan Bahasa inggris dengan salah satu dewan juri.


Setelah nilai diakumulasi dari karya tulis ilmiah, presentasi, nilai kecakapan Bahasa inggris dari dewan juri, nilai IPK peserta, & nilai prestasi peserta. Maka didapatkan nilai akhir yang sehingga mendapat 1 Juara program sarjana dengan nilai 74,87 dari program studi S1 – Teknik Industri atas nama Apif Sofyan, dan 1 Juara program diploma dengan nilai 63,78 dari program studi D3 – Rekam Medis atas nama Sauha Lulumanin.
Berikut nama – nama peserta PILMAPRES program sarjana tahun 2021 beserta nilai akhir nya :
No
Nama Peserta
Program Studi
Nilai Akhir
1
Apif Sofyan
S1 - Teknik Industri
74.87
2
Dini Anggun Sari
S1 - Sistem Informasi
53.45
3
Umi Salamah
S1 - Agribisnis
51.98
4
Puji Lestari
S1 - ARS
46.03
5
Indri Afriyani
S1 - Hukum
41.51
6
Dhimas Tri Cahya
S1 - Teknik Informatika
45.58
7
Annisa Yuli Kartikasari
S1 - Keperawatan
44.43
8
Rizky Nur Diana
S1 - Farmasi
43.50
9
Alpian Winarso Aji
S1 - Manajemen
43.10
10
Ginarsiwi Mayangseto
S1 - Bahasa Inggris
43.44
11
Rita Wahyuningsih
S1 - Akuntansi
40.20
Dan berikut ini merupakan nama nama peserta PILMAPRES program diploma beserta nilai akhirnya :
No
Nama Peserta 
Program Studi 
Nilai Akhir 
1
Sauha Lulumanin
D3 - RMIK
63.78
2
Esti Setyaningrum
D3 - Manajemen Informatika
49.46
3
Fina Putri Ansari
D3 - Keperawatan
46.89
4
Silvia Arista Putri
D3 - Kebidanan
44.39
Para pemenang PILMAPRES tingkat Universitas Duta Bangsa Surakarta program sarjana dan diploma tahun 2021 berhak mendapatkan piala, uang pembinaan, dan sertifikat penghargaan yang sudah diberikan pada tanggal 14 Juni 2021 oleh Bapak Tominanto, S.Kom., M.Cs selaku Wakil Rektor I Universitas Duta Bangsa Surakarta. Dan bagi semua peserta PILMAPRES juga mendapatkan sertifikat keikutsertaan pada PILMAPRES tingkat Universitas Duta Bangsa Surakarta program sarjana dan diploma tahun 2021. Harapan kedepan semoga Universitas Duta Bangsa dapat mengadakan kegiatan PILMAPRES kembali dengan keadaan yang lebih baik, dan antusias mahasiswa yang lebih tinggi.