UDB Surakarta Gelar Kunjungan dan Perpanjangan MoU ke Singapura dan Malaysia

  • Kategori: Berita Universitas
  • Tanggal: 09 Agustus 2023
Dalam rangka memperingati satu dekade kerjasama internasional antara Universitas Duta Bangsa Surakarta dengan UniKL Malaysia maka tanggal 8 Agustus 2023, Universitas Duta Bangsa Surakarta yang tergabung dalam APTISI Komisariat II Surakarta mengadakan Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan mengusung tema "A Decade of Collaboration Between Universiti Kuala Lumpur (UniKL) and Asosisasi Perguruan Tinggi Swasta, Indonesia (APTISI)", yang bertempat di UniKL Kuala Lumpur, Malaysia.


Kegiatan ini dihadiri secara langsung oleh Assoc. Prof. Dr. Singgih Purnomo, MM selaku ketua APTISI Komisariat II Surakarta dan Assoc. Prof. Dr. Rina Arum Prastyanti, MH selaku Wakil Ketua Bidang Kerjasama. Acara tersebut menandai tonggak penting dalam sejarah kedua institusi, menyoroti komitmen kerjasama yang teguh terhadap inisiatif kolaboratif dan persahabatan dalam skala global. Selama bertahun-tahun, kedua institusi pendidikan ini telah memulai berbagai usaha bersama dengan memperkuat kerjasama dan mendorong pertukaran budaya. Di antara kolaborasi yang menonjol adalah pemberdayaan sinergi penelitian dengan mengirimkan 13 mahasiswa dari APTISI termasuk dari Universitas Duta Bangsa Surakarta untuk melanjutkan studi Ph.D ke UniKL, tentunya dengan menghasilkan pertukaran pengetahuan dan keahlian yang mendalam. “Kerjasama ini bukan hanya tentang bersatunya institusi pendidikan dari kedua negara, melainkan tentang membangun jembatan antar budaya, memupuk persahabatan, dan membangun jaringan global antar individu yang memiliki cara berpikir dan komitmen yang sama untuk memberikan dampak positif bagi dunia,” kata Wakil Presiden (Kerjasama Internasional, Industri, dan Kelembagaan) dan Penjabat Presiden/Chief Executive Officer UniKL , YBhg. Asosiasi Prof.Ir. Dr Azman Senin.


Kunjungan pertama delegasi Universitas Duta Bangsa Surakarta ke UniKL terjadi pada tahun 2014. Hadir tokoh-tokoh penting dari kedua institusi, termasuk Deputy President (Student Development & Campus Lifestyle) UniKL, YBhg. Prof. Dr. Zalizah Awang Long; General Manager, Divisi Infrastructure & Asset Management dan Covering Chief Management & Services Officer UniKL, Puan Mariam Yahaya; Direktur Kantor Internasional UniKL, Dr. Nadia Razali; Ketua APTISI Surakarta sekaligus Rektor Universitas Duta Bangsa Surakarta, Assoc. Prof. Dr. Singgih Purnomo, MM; dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Humas, Kerjasama, dan Alumni Universitas Duta Bangsa Surakarta, Assoc. Prof. Dr. Rina Arum Prastyanti, MH.


Dr. Azman mengungkapkan visinya untuk masa depan kolaborasi antara UniKL dan Universitas Duta Bangsa Surakarta, dengan mengatakan, “Melalui eksplorasi sebuah jalan baru dalam Kerjasama Internasional, kita dapat memperkuat dampak kolektif terhadap masyarakat luas. Dengan bersama-sama mengatasi tantangan regional, maka kita akan mampu membuat perbedaan yang signifikan dalam kehidupan masyarakat. Memelihara dan memperluas program pertukaran dosen dan mahasiswa yang akan memfasilitasi aliran ide, skill, dan pengalaman adalah komitmen yang perlu kita jaga bersama.”



Berita Lain