Universitas Duta Bangsa Surakarta Gelar Workshop dan Sosialisasi Penyusunan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS 4.0)

  • Kategori: Berita Universitas
  • Tanggal: 21 Januari 2020

Demi meningkatkan akreditasi disetiap Program Studi, serta untuk menanggapi perubahan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0 yang sebelumnya tujuh standar menjadi sembilan kriteria, Lembaga Jaminan Mutu Universitas Duta Bangsa Surakarta menggelar workshop dan sosialisasi IAPS 4.0 dengan mengundang Dr. Budi Setiawan (Asesor BAN PT) sebagai narasumber. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, pada tanggal 13 dan 14 Januari 2020. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini adalah, Para Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, Kaprodi, Sekertaris Prodi dengan jumlah total peserta 43 orang. 

Dari materi yang disampaikan Dr. Budi Setiawan menjelaskan IAPS kali ini lebih fokus kepada output dan outcame yang tidak hanya melihat kuantitas perguruan tinggi tetapi juga ditujukan untuk melihat kualitasnya. Selain itu, IAPS 4.0 juga terdiri dari Laporan Evaluasi Diri (LED) dan juga Laporan Kinerja Akademik (LKA).
Tujuan terselenggaranya workshop dan sosialisasi ini adalah untuk mereview instrumen yang sudah disusun oleh Program Studi Teknik Informatika, dan memberikan pemahaman kepada 10 Program Studi baru lain yang akan menyusun IAPS 4.0 dengan sembilan kriteria. Sehinggadiharapkan semua elemen mulai dari dekan, wakil dekan, hingga kaprodi memahami instrumen dan mempersiapkan LKPS (Laporan Kinerja Program Studi) serta LED (laporan Evaluasi Diri).
Dalam sambutannya, Rektor Universitas Duta Bangsa SurakartaDrs. Singgih Purnomo, MM., menghimbau setelah pelaksanaan workshop dan sosialisasi ini diharapkan Program Studi segera menyusun instrumen akreditasi dan laporan evaluasi diri, dikarenakan enam bulan sebelum masa akreditasi habis LKPS dan LED harus sudah tersubmit SAPTO BAN PT, dan dalam prosesnya Lembaga Jaminan Mutu harus melaksanakan siklus PPEPP (Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan).



Berita Lain