Universitas Duta Bangsa Surakarta Produksi Hand Sanitizer Sendiri

  • Kategori: Berita Universitas
  • Tanggal: 30 Maret 2020

Wabah pandemi COVID-19 saat ini mempengaruhi stok antiseptik di pasaran menjadi langka. Salah satunya adalah Hand Sanitizer. Kelangkaan tersebut mengakibatkan harga Hand Sanitizer menjadi melambung tinggi. Harga yang sangat tinggi tersebut menggerakan kreatifitas publik untuk membuat Hand Sanitizer sendiri.
Dalam hal ini, Universitas Duta Bangsa Surakarta juga berhasil memproduksi Hand Sanitizer sendiri. Hand Sanitizer ini dibuat oleh program studi Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan, dengan tim yang terdiri dari Laboran Farmasi, Laboran keperawatan, para Dosen yang terlibat serta Mahasiswa Farmasi.
Handsanitizer ini diperuntukkan untuk seluruh dosen, tenaga pendidik dan juga karyawan di Universitas Duta Bangsa Surakarta. Namum, pada akhirnya Handsanitizer ini banyak sekali peminatnya, oleh karena itu, tim produksi Hand Sanitizer memproduksi lebih banyak lagi produk untuk dijual ke pasaran. Sampai saat ini saja sudah kurang lebih 3000 botol yang telah diproduksi.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Hand Sanitizer ini adalah sebagai berikut :
1. Gluseril & Propolengkol, dimana bahan ini berfungsi untuk melembabkan
2. Perhidrol, bahan yang berfungsi untuk membunuh kuman
3. Alkohol 70%, bahan yang familiar ini terbukti ampun membunuh kuman, virus, dan bakteri
4. Essensial Oil yang berfungsi sebagai pewangi.
Bahan-bahan tersebut pastinya telah melalui berbagai penelitian pustaka dan praktik, sehingga aman untuk dipakai sehari-hari.
Beberapa instansi juga membeli produk Hand Sanitizer dari Universitas Duta Bangsa Surakarta, instansi tersebut antara lain :
1. Mencandra Akademi Militer (AKMIL) Magelang
2. Poliklinik Urdokkes Bagsumda Polres Magelang
3. Pemkot Solo
4. Rs. Moewardi Solo
5. kompleksat bravo paskhas TNI AU Bogor
6. BPKP Jawa Tengah
7. dll
Selain itu produk Hand Sanitizer ini juga dibagikan gratis kepada civitas akademik dan masyarakat sekitar. Namun, karena banyaknya permintaan, sehingga mempengahuri menipisnya bahan baku maka produksi Hand Sanitizer saat ini dihentikan sementara dan akan diproduksi lagi segera.

#handsanitizer #produkudb #covid19 #handanitizerlokal #klb2020 #kesehatankita #kebersihankita #gerakancucitangan #mahasiswaudb #movingbersamaudb



Berita Lain