The Global Entrepreneur University

Workshop Peninjauan Kurikulum Universitas Duta Bangsa Surakarta Tahun 2019

Universitas Duta Bangsa Surakarta menyelenggarakan Workshop Peninjauan Kurikulum tahun 2019 di aula Fakultas Ilmu Kesehatan pada Senin (22/02/2019).
Dengan diterbitkannya Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 729/KPT/I/2018 tentang penyatuan dan perubahan bentuk STMIK Duta Bangsa Surakarta, APIKES Citra Medika Surakarta dan AKBID Citra Medika Surakarta menjadi Universitas Duta Bangsa Surakarta. Kurikulum perguruan tinggi harus disesuaikan dengan Visi dan Misi Universitas Duta Bangsa Surakarta yaitu keunggulan dalam Bidang Kewirausahaan dan Bisnis. Kurikulum Perguruan Tinggi harus dirancang sehingga dapat menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi sesuai dengan Standar Nasional Perguruan Tinggi dan sesuai dengan kebutuhan pengguna lulusan. Kurikulum program studi di Universitas Duta Bangsa Surakarta, telah mengadopsi peraturan-peraturan yang telah ada dan KKNI, namun karena kurikulum setiap program studi harus sesuai dengan Visi dan Misi perguruan tinggi serta adanya perkembangan zaman maka perlu dilakukan peninjauan kembali atau redesign kurikulum agar lulusan yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan pengguna lulusan.
Dalam acara workshop peninjauan kurikulum mengundang 2 narasumber. Narasumber pertama dalam bidang Kewirausahaan adalah Bapak Drs. Dwi Sunu Widyo Pebruanto, M.Ed dari Universitas Ciputra Surabaya. Beliau menyampaikan bahwa hasil pendidikan kewirausahaan dapat menghasilkan lulusan menjadi wirausaha dengan memberikan tips dan trik bagaimana cara memulai usaha dengan modal terampil dan berpengalaman dalam menghadapi era industri 4.0. Narasumber yang kedua dalam ahli dalam bidang Bahasa Inggris adalah Ibu Jenny Lee dari ITC Jakarta. Beliau menyampaikan di era Industri 4.0, perbedaan kemampuan (skill) adalah ancaman pertama keamanan nasional kita.
Dalam acara workshop ini dihadiri 28 peserta yang terdiri dari Rektor, Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, KaBiro BAAK, KaBiro PTI dan Komunikasi, Staf Kurikulum dan Inovasi Pembelajaran, Dekan Fakultas, Sekretaris Dekan Fakultas, Ketua Program Studi, Sekretaris Program Studi, Tim Persiapan Prodi Baru. Tujuan dari workshop ini untuk memberikan bekal bagi program studi untuk dapat melaksanakan redesign kurikulum agar capaian pembelajaran lulusan sesuai dengan tuntutan pengguna lulusan, perkembangan ilmu dan keahlian, serta sesuai dengan Visi dan Misi Universitas Duta Bangsa Surakarta yaitu keunggulan dalam Bidang Kewirausahaan dan Bisnis. Hasil dari workshop ini ditindaklanjuti oleh Dekan Fakultas untuk selanjutnya ditetapkan kurikulum program studi di Universitas Duta Bangsa Surakarta tahun 2019. Dengan adanya kegiatan Workshop Peninjauan Kurikulum Universitas Duta Bangsa Surakarta tahun 2019 ini dengan hasil luaran yang diharapkan antara lain:

  1. Profil lulusan program studi
  2. Capaian pembelajaran program studi
  3. Pemetaan bahan kajian kurikulum program studi
  4. Struktur mata kuliah program studi
  5. Matrik mata kuliah dan profil lulusan

Berita Lain