Meningkatkan Mutu Pendidikan, Universitas Duta Bangsa Surakarta Gelar “In House Training” ISO 21001:2018

  • Kategori: Berita Universitas
  • Tanggal: 21 Januari 2020

ISO 21001 : 2018 merupakan standar sistem management internasional pertama di dunia pendidikan yang telah dipublikasikan pada bulan Mei tahun 2018. Standar ini memberikan panduan tentang bagaimana memberikan kualitas dalam lingkungan pendidikan yang terus berubah, dengan tujuan untuk membantu penyedia layanan pendidikan dalam memberikan layanan yang lebih baik.Selain itu tuntutan masyarakat terhadap kualitas lembaga pendidikan kini semakin tinggi, salah satu persyaratan yang diminta adalah lulusan yang terampil, berdaya saing dan mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja. Oleh karenanya demi sustainabilitylembaga pendidikan termasuk Universitas Duta Bangsa Surakarta, selalu berupaya meningkatkan kualitas dan mengikuti berbagai perkembangan kebutuhan yang terjadi.
Universitas Duta Bangsa Surakarta menetapkan memiliki standar mutu yang tinggi untuk memelihara efektifitas layanan pendidikannya. Terkait dengan itu, Lembaga Jaminan Mutu Universitas Duta Bangsa Surakarta bekerja sama dengan PT. Decra Group Indonesia, mengadakan acara“in House Training” ISO 21001:2018, Management System for Educational Organization. Acara ini berlangsung selama 3 hari pada tanggal 19-21 Desember 2019, digelar di Aula Fakultas Kesehatan Universitas Duta Bangsa Surakarta, Jl. KH. Samanhudi No. 93 Sondakan, Laweyan Surakarta.
Acara “in House Training” ISO 21001:2018 ini diikuti oleh 40 peserta dari masing-masing perwakilan unit kerja, dan menghadirkan seorang instruktur dari PT. Decra Group IndonesiayaituIr. Sholichin Agung Darmawan. Dalam pelatihannya beliau mengatakan tujuan utama dari Standar ISO 21001: 2018 adalah untuk mengevaluasi apakah lembaga pendidikan telah memenuhi kebutuhan peserta didik dan penerima manfaat layanan pendidikan lainnya. Melalui pemenuhan klausul Standar ISO 21001: 2018, lembaga pendidikan akan dapat menyediakan produk dan layanan pendidikan yang dapat memenuhi persyaratan yang diharapkan dari pihak-pihak berkepentingan. 

Dalam sambutannya Rektor Universitas Duta Bangsa Surakarta, Drs. Singgih Purnomo, MM., menjelaskan bahwa salah satu upaya yang akan dilakukan Universitas Duta Bangsa Surakarta untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan adalah dengan menerapkan ISO 21001:2018. 

Drs. Singgih Purnomo, MM juga menghimbau agar semua unit kerja Univeristas Duta Bangsa Surakarta untuk mempersiapkan Sertifikasi ISO 21001:2018dalam waktu dekat. Pada dasarnya persyaratan sertifikasi ISO terdapat juga dalam persyaratan akreditasi, sehingga dalam penerapannya dapat dilakukan secara bersamaan, berkesinambungan, dan saling mendukung satu dengan yang lainnya. Setelah kegiatan “in House Training” ISO 21001:2018, diharapkan Universitas Duta Bangsa tersertifikasi dan terakreditasi unggul, dapatsustain, dan menjadi membaga pendidikan yang berkualitas serta mampu menjawab berbagai tantangan perkembangan kebutuhan yang ada.



Berita Lain