The Global Entrepreneur University

Pelatihan Pemasaran Online bagi UMKM Empon-Empon di Wonogiri Oleh Dosen Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa Surakarta

Dosen Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa Surakarta mengadakan Pelatihan Pemasaran Online bagi UMKM Empon-Empon di Wonogiri, Sabtu(30/06/2018).

Pelatihan pemasaran bertujuan untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan omzet UMKM.  Dosen Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa melatih UMKM untuk melakukan pemasaran online. Kegiatan ini dilaksakan di rumah ibu Sugiyarsi yang beralamat desa Pucung Kecamatan Kismantoro selaku pemilik UD. Jahe Wangi yang begerak pada bidang perdagangan dan pengeolahan empon-empon.

Materi pemasaran online terdiri dari pemasaran melalui social media, market place dan alibaba.com untuk pasar international ungkap Rudi Susanto, S.Si., M.Si selaku ketua kegiatan.
Rudi Susanto, S.Si., M.Si mengatakan Pelatihan ini merupakan serangkaian kegiatan PKM (Program Kemitraan Masyarakat) yang difokuskan pada penerapan hasil-hasil iptek perguruan tinggi untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman iptek masyarakat. Selain pelatihan pemasaran online, kegiatan ini juga terdiri dari pelatihan pengolahan empon-empon dengan stardart SOP (Standart Operational Procedure) dan pembukuan usaha. 

Peserta kegiatan ini berasal dari UD. Jahe Wangi dan UD. Tani Tlaten yang bergerak pada bidang usaha pengeringan empon-empon untuk bahan obat herbal. Pelatihan ini telah disesuaikan dengan kebutuhan mitra UMKM. Dengan pelatihan ini diharapkan UMKM mitra memiliki kemandirian dalam hal proses produksi, pemasaran dan menjalankan usahanya ungkap Rudi Susanto.
Sejalan dengan hal tersebut, menurut Sugiyarsi pelatihan ini sangat terbantu UMKM dalam pembuatan cash flow dan laba rugi usaha yang selama ini mengalami banyak kendala. Selain itu, dengan pemasaran online mengunakan flatform alibaba.com sangat membantu UMKM  menuju pasar export untuk produk Empon-empon. 

Berita Lain