Prodi D3 Keperawatan UDB Surakarta Adakan Sosialisasi Dan Cek Kesehatan Hari Lansia

  • Kategori: Berita Universitas
  • Tanggal: 03 Desember 2022
Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia yang lainnya. Mahasiswa sangat erat hubungannya dengan pengabdian masyarakat karena mahasiswa sebagai pemuda dan masa depan bangsa ada pada pemudanya. Terjun langsung kepada masyarakat adalah salah satu program kerja yang wajib bagi Himpunan Mahasiswa yang berada pada bidang kesehatan. Himpunan Mahasiswa Prodi D3 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Duta Bangsa Surakarta dengan ketua umum Muchamad Syaichul Anam dan wakil ketua Elfia Riandani mengadakan pengabdian masyarakat, sosialisasi dan cek kesehatan di posyandu lansia Jl. Jamsaren No.19 Serengan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu, 29 Oktober 2022.
Meningkatkan serta memelihara derajat kesehatan normal dikalangan masyarakat menjadi prioritas utama bagi HMP D3 Keperawatan, maka dari itu HMP D3 Keperawatan Universitas Duta Bangsa Surakarta mendedikasikan diri untuk masyarakat diluar Fakultas ilmu kesehatan Universitas Duta Bangsa Surakarta. Seperti kegiatan Pengabdian Masyarakat yang bertujuan membantu masyarakat, sehingga mahasiswa memiliki kontribusi dalam peningkatan kesehatan dilingkungan masyarakat. Pengabdian masyarakat ini meliputi cek kesehatan berupa timbang berat badan, tinggi badan,  pemeriksaan tekanan darah, kadar gula darah, asam urat, kolesterol dalam tubuh, konsultasi kesehatan, dan pemberian pengobatan kepada lansia yang memiliki penyakit khususnya penyakit degeneratif.Kegiatan ini tentu didampingi oleh dosen pendamping untuk keamanan lebih dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kegiatan ini didampingi oleh Bapak Fakhrudin Nasrul Sani., S.Kep., Ns., M.Kep Ibu Dwi Lestari Mukti Palupi, S.K.,M.,M.Kes Ibu Muzaroah Ermawati Ulkhasanah., M. Tr., Kep


Sebelum pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat para anggota pastinya melakukan survei lokasi untuk menentukan apakah lokasi sudah sesuai dengan sasaran yang diinginkan dan sesuai dengan visi misi program studi D3 Keperawatan. Kegiatan dimulai pukul 09.00 pagi yang dibuka oleh MC kemudian dilanjutkan sambutan-sambutan, sosialisasi tentang penyakit degeneratif, sesi tanya jawab, cek kesehatan, konsultasi kesehatan, dan memberikan pengobatan bagi masyarakat yang membutuhkan. 
Masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan ini dengan dibuktikannya saat sesi tanya jawab. Mereka mengatakan dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat mereka mendapatkan ilmu yang belum pernah didapatkan dan bisa cek kesehatan sehingga masyarakat dapat menjaga kesehatan diri sendiri. Dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan kepada masyarakat yang tadinya minim edukasi tentang kesehatan bisa lebih mengetahui hal-hal apa saja yang berkaitan dengan kesehatan tubuhnya sendiri.



Berita Lain