Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKM-S) Estetik Empowerment Pada UMKM Kayla Souvenir

  • Kategori: Berita Universitas
  • Tanggal: 28 September 2022
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Stimulus (PKM-S) diketuai oleh Umi Hanifah, SE., M.Ak dosen Prodi Akuntansi Fakultas Hukum dan Bisnis, beranggotakan 2 dosen dari Fakultas Sain dan Teknologi Fery Wisnu Saputro, S.T., M.Eng dan Fakultas Hukum dan Bisnis Erna Chotidjah Suhatmi, S.E., M.Ak. Mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan meliputi 3 mahasiswa (Devi Aprilia dan Maharani Chikita Angelina Prodi Akuntansi serta Mikail Makmur Ahmada Prodi Teknik Industri).


Kegiatan utama pada program PKM-S ini adalah tata letak layout produk berbasis estetik dalam proses pembuatan toko offline. UMKM Kayla Souvenir merupakan UMKM yang bergerak di bidang fashion dengan bahan dasar kain tenun dan tas rotan. Pemasaran produk dari UMKM Kayla Souvenir masih memanfaatkan e-commerce seperti Shopee, Lazada dan platform online Instagram.


Pelaksanaan redesain tata letak layout toko offline UMKM Kayla Souvenir dimulaia pada awal bulan Juli 2022 dan membutuhkan waktu 2 sampai 3 bulan dalam penyelesaian kegiatan. Pelaksanaan program PKM-S ini dimulai dari tahapan pengukuran luas toko, penentuan desain layout, hingga realisasi redesain layout toko Kayla Souvenir. Program PKM-S oleh dosen Universitas Duta Bangsa Surakarta ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan serta kemudahan kepada Bapak Yusuf selaku pemilik dalam menjalankan usaha Kayla Souvenir.


Kemenristekdikti mendukung dari segi pendanaan program PKM-S dan Universitas Duta Bangsa Surakarta sebagai perguruan tinggi yang dipercayai Kemenristekdikti dalam melaksanakan program tersebut.


Tim PKM-S mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada Kemenristekdikti atas terlaksananya kegiatan dan semoga ini merupakan awal yang baik untuk mendukung pelaku UMKM Indonesia agar menjadi lebih progresif.



Berita Lain