The Global Entrepreneur University

UDB Gelar Forum Group Discussion Yang Berfokus Pada Dunia Usaha

Selasa, 06 - Kamis, 08 September 2022, Universitas Duta Bangsa (UDB) Surakarta menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang berfokus pada dunia usaha.  FGD yang digelar di Ruang Aminah, Multazam Syariah Hotel, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo itu dihadiri oleh 20 mitra dari dunia usaha dan dunia industri (DUDI) serta 20 dosen UDB Surakarta. 


Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyamaan persepsi dan penandatanganan MoU antara 20 mitra DUDI. Terdapat empat narasumber yang dihadirkan dalam acara ini. Keempat narasumber tersebut berasal dari lingkup yang berbeda yaitu perguruan tinggi, rumah sakit, dan perusahaan. Narasumber pertama yaitu Agung Nugroho Adi, S.T., M.T. dari Universitas Islam Indonesia, narasumber kedua yaitu Ari Subagyo, S.E., M.M. dari Rumah Sakit Dr. Moewardi Solo. Narasumber ketiga yaitu Tominanto, S.Kom., M.Cs dari UDB Surakarta, dan narasumber keempat yaitu Hadi Nurcahyo, S.Pd. dari PT Sari Warna Asli Unit I. 


Kegiatan FGD ini bertujuan mendukung implementasi program MBKM guna menghasilkan lulusan yang berkompeten dan sejalan dengan kebutuhan dunia kerja di masa depan. Dalam acara ini, narasumber pertama, Agung Nugroho menyampaikan topik tentang pengembangan kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di perguruan tinggi. Narasumber kedua, Ari Subagyo, menyampaikan topik tentang implementasi MBKM perguruan tinggi dengan rumah sakit. 


Narasumber ketiga, Tominanto memaparkan tentang program MBKM dan implementasi magang pada DUDI sesuai dengan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). Sementara itu, narasumber keempat menyampaikan topik tentang implementasi MBKM dengan DUDI. Para peserta kegiatan FGD adalah mitra DUDI dalam negeri yang berasal dari Jawa Tengah maupun Jawa Timur. Sementara mitra DUDI yang berasal dari Jawa Timur antara lain Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Hikmah Farm Kediri dan Komunitas Ngawi Organik Center (KNOC). Sedangkan mitra DUDI yang berasal dari Jawa Tengah antara lain Jamur Borobudur Magelang, Bank Tabungan Negara Syariah Surakarta, PT Deltomed Laboratories, PT Semesta Indah Sentosa, Red Chilies Hotel, Solo Grand City Hotel, PT Tri Usaha Sejahtera, Rumah Sakit Waras Wiris Boyolali, BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Surakarta, Kantor Konsultan Pajak (KKP) Antin Okfitasari, dan beberapa mitra DUDI lainnya. 


Penandatanganan MoU dilaksanakan pada hari kedua antara UDB Surakarta dengan 20 mitra DUDI dalam negeri. Sebelum acara penandatanganan MoU dengan para mitra DUDI dilaksanakan, Rektor Universitas Duta Bangsa Surakarta, Dr. Singgih Purnomo, M.M. menyampaikan apresiasi kepada para mitra DUDI yang hadir dalam kegiatan FGD tersebut. 


Beliau menyampaikan harapannya bahwa implementasi MBKM dengan mitra DUDI dapat berjalan dengan baik sehingga mampu menghasilkan lulusan yang berkompeten dan sejalan dengan kebutuhan dunia kerja di masa depan.