UDB Surakarta Bersama Kemenko Perekonomian, Seknas BUMP, Distan Sukoharjo dan 4 BUMN Melakukan Kerjasama Dorong Pembiayaan Inklusif Bagi Petani Milenial

  • Kategori: Berita Universitas
  • Tanggal: 24 Mei 2024
Universitas Duta Bangsa Surakarta melakukan kerjasama dengan Kemenko Perekonomian, Seknas BUMP, Distan Sukoharjo, dan 4 BUMN untuk bersinergi dalam upaya mendorong pembiayaan inklusif bagi petani milenial dan mahasiswa.


Hadir dalam kegatan tersebut Asisten Deputi (Asdep) Keuangan Inklusif dan Keuangan Syariah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Dr. Erdiriyo, SE, MM; Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo, Bagas Windaryatno, S.P., M.Si.; Ketua Seknas BUMP Indonesia, Dr. Ir. Sugeng Edi Waluyo, MM; Rektor UDB Surakarta, Assoc Prof Singgih Purnomo, MM, dan mitra BUMN, Bank Jateng Syariah, Jamkrindo, Pegadaian Syariah, Askrindo serta forum petani milenial Sukoharjo.


Dalam arahannya Dr. Erdiriyo, SE, MM mengatakan kolaborasi antara pemerintah, akademisi, praktisi, dan lembaga pembiayaan penting dalam keberlanjutan usaha petani milenial. Kolaborasi ini, menurutnya juga memerlukan peran serta akademisi, salah satunya UDB Surakarta, PTS nomor 3 di Surakarta yang memiliki teaching factory kebun anggur, hidroponik sayuran, dan melon sebagai wisata edukasi, mengenalkan dunia pertanian ke masyarakat.


Rektor Singgih Purnomo menambahkan sinergi bisa diwujudkan melalui wisata pertanian paket lengkap dari UDB dan forum petani milenial Sukoharjo sehingga menarik turis lokal maupun asing untuk berkunjung ke Solo dengan wisata yang berbeda dari yang lain.


Untuk terus memperkuat sinergi ini, diharapkan akan ada kegiatan tindak lanjut yang mengakomodasi program pemerintah Sukoharjo, akademisi UDB Surakarta, lembaga pembiayaan, petani milenial serta Kemenko yang mendukung kerja sama ini.




Berita Lain