WORKSHOP PILMAPRES Mengusung tema “Strategi Sukses Pilmapres 2020” Paguyuban Pimpinan Bidang Kemahasiswaan Rayon II Surakarta LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah sukses menggelar acara yang dihadiri oleh delegasi Pengelola Kemahasiswaan & Mahasiswa Berprestasi

  • Kategori: Berita Universitas
  • Tanggal: 12 Februari 2020

Mengusung tema “Strategi Sukses Pilmapres 2020” Paguyuban Pimpinan Bidang Kemahasiswaan Rayon II Surakarta LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah sukses menggelar acara yang dihadiri oleh delegasi Pengelola Kemahasiswaan & Mahasiswa Berprestasi dari 37 Perguruan Tinggi Negeri & Swasta. Universitas Duta Bangsa Surakarta (UDB) diamanahkan menjadi tuan acara ini, yang mana acara ini adalah acara pertama dari wilayah di Indonesia yang menyelenggarakan workshop persiapan pemilihan mahasiswa berprestasi.
Dua pembicara utama dihadirkan untuk memaparkan segala proses hingga trik menuju Pilmapres. Pembicara pertama yakni Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si. (Universitas Sebelas Maret) memaparkan 3 cakupan isi terkait Pemilihan Mahasiswa Berprestasi yaitu Prestatif, Pelaksanaan Pilmapres, dan Penilaian Prestatif. Prestatif meliputi akademis maupun non akademis, kurikuler maupun ko/ekstrakurikuler, mampu berkomunikasi aktif, memiliki inisiatif, bersikap positif, berkepribadian, dan maksimum 10 (sepuluh) prestasi/capaian yang unggul dan membanggakan, dilengkapi dengan dokumen pendukung sebagai bukti. Pelaksanaan Pilmapres Tingkat Prodi/Jurusan/Departemen/Fakultas, dan Perguruan Tinggi dilaksanakan oleh panitia yang dibentuk dan disahkan oleh pimpinan sesuai tingkatannya. Hasil pemilihan pada setiap jenjang (Prodi/Jurusan/ Departemen/ Fakultas dan Perguruan Tinggi) dituangkan dalam Berita Acara Pemilihan.
Pembicara kedua yakni Dr. Tommi Yuniawan, S.Pd., M.Hum. (Universitas Negeri Semarang), memaparkan tentang karya tulis ilmiah mahasiswa berprestasi. Beliau menyampaikan tema pemilihan Mawapres tahun ini: “Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)". Karya tulis ilmiah sebaiknya sejalan dengan bidang ilmu yang sedang ditekuni mahasiswa. Karya tulis ilmiah belum pernah diikutsertakan dalam lomba karya tulis lain pada tingkat manapun. Sifat dan isi tulisan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut: Kreatif dan obyektif, tulisan berisi gagasan kreatif untuk memberikan solusi permasalahan yang berkembang di masyarakat dan merupakan hasil pemikiran secara divergen, terbuka, dan komprehensif. Tulisan tidak bersifat emosional atau tidak menonjolkan permasalahan subyektif. Tulisan didukung oleh data dan atau informasi dari referensi ilmiah. Karya asli (bukan karya jiplakan), belum pernah diikutsertakan dalam lomba dan belum pernah dipublikasikan. Tiap langkah penulisan dirancang secara sistematis.
Jalannya panel ini dimoderatori oleh Riska Rosita, S.Kes., M.PH. (Ka. LPPM UDB) dengan semangat dan memberikan jargon “Pilmapres 2020, Sukses Luar Biasa”. Dari pemaparan kedua pembicara kunci tersebut, semua sivitas akademika PTN/PTS Solo Raya diharapkan mampu membimbing mahasiswa berprestasinya dan melakukan penjaringan sesuai dengan buku panduan 2019. Pemilihan mahasiswa berprestasi merupakan puncak acara kegiatan akademik yang sangat bergengsi untuk mahasiswa Indonesia, sehingga budaya kompetisi dan berbagi harus dijunjung tinggi di masing-masing pengelola perguruan tinggi.