The Global Entrepreneur University

Prodi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Adakan Kunjungan Ke Rumah Sakit Ortopedi Surakarta

Mahasiswa Program Studi S1-Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Duta Bangsa melakukan kunjungan ke RS. Ortopedi Dr. R. Soeharso Surakarta. Kunjungan mahasiswa dilaksanakan pada Hari Rabu dan Kamis Tanggal 08 Juni 2022 dan 09 Juni 2022 dibagi dalam dua kelompok. Kegiatan kunjungan mahasiswa ini dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan secara langsung kepada mahasiswa mengenai implementasi dari sistem informasi manajemen yang dapat digunakan untuk membantu proses pengambilan keputusan pada tingkatan manajemen.


Kunjungan Mahasiswa ini dibimbing oleh Bapak Eko Purwanto, M.Kom selaku Ketua Program Studi S1-Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Duta Bangsa Surakarta. Kunjungan mahasiswa di Rumah Sakit Ortopedi Prof. DR. R. Soeharso Surakarta untuk dapat melihat secara langsung Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit yang di implementasikan di RS. Ortopedi Prof. DR. R. Soeharso Surakarta. Kunjungan mahasiswa di RS. Ortopedi Prof. DR. R. Soeharso Surakarta disambut oleh Koordinator SDM Pendidikan dan Penelitian RS. Ortopedi Prof. DR. R. Soeharso Ibu Fransiska Ari Nursanti, S.Kep., Ners., M.Kes kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang Implementasi SIRS (Sistem Informasu Rumah Sakit) oleh Kepala Bagian SIRS bapak Sulistyanto, ST dan dilanjutkan dengan kunjungan lapangan dengan melihat secara langsung Sistem Informasi Rumah Sakit mulai dari pendaftaran Rawat jalan dan Rawat Inap sampai pasien keluar dari rumah sakit.


Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit SIMRS di RSO Prof. dr. R. Soeharso berbasis komputer sudah dilaksanakan sejak tahun 2008 dengan dua kali pergantian sistem dengan pihak ketiga, dan sejak 1 Desember 2013 RSO Prof. Dr. R. Soeharso sudah menggunakan sistem untuk menjalankan organisasi dimana dikenal dengan nama Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit SIMRS. Perangkat lunak SIMRS Mandiri dirancang dan dikembangkan oleh tim Teknologi Informasi TI dari RS Ortopedi. Pengguna user SIR Mandiri adalah manajemen operasional yang terdiri dari koordinator dan staff pendaftaran pasien baik rawat jalan maupun rawat inap, kepala ruang dan perawat ruang, administrasi bangsal, staf dan petugas administrasi bagian penunjang, instalasi farmasi serta kasir rumah sakit. Semoga dengan kunjungan mahasiswa ini mahasiswa Program Studi S1-Sistem Informasi mendapatkan gambaran tentang implementasi sistem informasi secara nyata di organisasi dalam hal ini di rumah sakit sehingga dapat menjadi bekal untuk masuk di dunia kerja dan industri.